Apa bedanya Emas MiniGold dan Antam

Gambar orang bingung pilih emas MiniGold atau emas Antam

Pada tulisan Jenis-Jenis Emas Batangan Selain Antam telah dibahas alternatif emas batangan selain Antam dimana salah satunya MiniGold. Kali ini akan dibahas apa bedanya MiniGold dan Antam.

Apa itu Minigold?

MiniGold adalah emas batangan 24 karat dengan kadar kemurnian 99,9% yang dibuat oleh PT. Sinergi Digital Global Mulia. Seringkali disingkat menjadi MiniGold SDGM.

Alamat MiniGold dari PT. Sinergi Digital Global Mulia adalah Jl. Pelita, No.6 RT. 8/2, Cipete Selatan. Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, 12410.

MiniGold memiliki produk emas batangan dengan pecahan 0.025 gram, 0.05 gram, 0.1 gram, 0.25 gram, 0.5 gram, 1 gram dan 1,5 gram. Jaringan resmi MiniGold terdiri dari Dealer, Distributor, Reseller dan UMKM yang sudah tersebar di seluruh Indonesia.

Apakah Mini Gold Penipuan?

Emas Mini Gold asli dan bisa dijual ke toko emas.

Beda Emas Minigold dan Antam

Baik emas dari Minigold atau Antam sama-sama 24 karat dan memiliki kadar 99,9%. Selain itu keduanya dapat dijual di toko emas.

Sedangkan perbedaan emas Minigold dan Antam adalah sebagai berikut.

1. Sertifikat Emas

Minigold bersertifikat Sucofindo & G-Lab Pegadaian. Sedangkan Antam menerbitkan sertifikat sendiri.

Selain itu Antam juga masuk kedalam London Bullion Market Association / LBMA dimana merupakan asosiasi pedagang emas dan perak besar dunia.

ANTAM Logam Mulia mendapatkan akreditasi London Bullion Market Association (LBMA) sejak 1 Januari 1999 yang termasuk dalam Good Delivery List. Hanya perusahaan pemurnian dengan produk yang telah terakreditasi LBMA dan memenuhi standar yang tepat untuk diperdagangkan pada pasar OTC global yang akan muncul pada Good Delivery List. ANTAM Logam Mulia juga merupakan satu-satunya pengolahan dan pemurnian emas di Indonesia yang bersertifikat LBMA.

Selain itu Antam juga mendapatkan akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) didapatkan sejak tahun 1999 untuk Laboratorium Pengawasan Kualitas PT ANTAM Tbk - UBPP Logam Mulia sebagai laboratorium penguji yang melakukan analisis sesuai dengan prinsip-prinsip Good Laboratory Practices pada SNI ISO/IEC 17025 : 2017.

Mengingat Antam adalah BUMN, hal ini wajar jika Antam memiliki banyak akreditasi

2. Gram Emas

Jenis-jenis emas Minigold berukuran kecil-kecil, paling berukuran 0,025 gram dan paling besar berukuran 1,5 gram. Sedangkan emas batangan Antam berukuran 1 gram hingga 1 kilogram.

Berikut ini adalah contoh Minigold 1 gram dan LM Antam 1 gram.

Gambar Emas Minigold 1 gram Gambar Emas LM Antam 1 gram

3. Harga Jual Beli Emas

Per 12 Februari 2022 harga jual emas MiniGold 1 gram adalah Rp. 986.000 dan harga ketika seseorang menjual MiniGold ke agen MiniGold maka emas akan diharga harga beli kembali sebesar Rp. 919.000.

Sedangkan per 12 Februari 2022 harga jual emas Logam Mulia Antam 1 gram adalah Rp. 953.000 dan apabila seseorang menjual emas Logam Mulia tersebut ke Antam, maka akan dihargai harga buyback sebesar Rp. 857.000.

Namun perlu diingat, ketika menjual ke toko emas bisa jadi harganya berbeda. Bisa jadi emas dihargai lebih tinggi, bisa jadi dihargai lebih rendah.

Kenapa Antam Lebih Mahal dari MiniGold?

Tidak ada standar harga emas, jadi setiap toko atau perusahaan berhak menentukan harga emas masing-masing.

Tulisan ini dipublikasikan di lantakanemas.com dengan judul Apa bedanya Emas MiniGold dan Antam.