Setelah Naik dan Tembus Rekor Pada Awal Tahun 2022, April-Mei 2022 Harga Emas Dunia Anjlok

Grafik harga emas dunia tiga bulan terakhir 2022

Efek perang Rusia - Ukraina telah membuat harga emas dunia mencapai rekor tertinggi. Harga emas dunia mencapai $2069 per ounce pada bulan Maret 2022.

Namun karena kebijakan Bank Sentral Amerika yaitu The Fed, membuat dollar menjadi sangat kuat dan menyebabkan tidak hanya harga emas anjlok, harga saham dan kripto juga ikut anjlok.

Selain kebijakan The Fed, masih berperangnya Rusia dan Ukraina dan adanya lockdown di Cina terkait virus terbaru juga ikut mempengaruhi harga emas Dunia. Harga emas dunia telah anjlok sekitar 13% dibandingkan rekor harga tertingginya.

Waktu Yang Bagus Untuk Memborong Emas

Berbeda dengan crypto, emas memiliki intrinsic value dimana selain dipakai perhiasan, juga berguna untuk hal yang lain, salah satu contohnya adalah komponen komputer.

Karena emas merupakan penghantar listrik yang baik, komponen komputer seperti RAM dan Processor biasanya dilapisi emas.

Oleh karena itu walaupun anjlok, harga emas akan tetap terjaga dan suatu hari akan bangkit karena adanya intrinsic value ini. Misal permintaan komputer melonjak tajam, otomatis harga emas kemungkinan besar ikut naik karena kebutuhan emas meningkat.

Melihat adanya intrinsic value emas yang digunakan banyak hal dan melihat harga emas dunia serta harga emas Antam yang sedang turun tajam, sepertinya ini merupakan waktu yang bagus untuk memborong emas batangan.

Namun perlu diingat, kenaikan harga emas tidak cepat, jadi jika ingin membeli emas, gunakanlah uang yang benar-benar tidak digunakan dalam beberapa tahun ke depan.

Selain itu perlu diingat juga hal kedua, masih ada kemungkinan harga emas dunia turun lagi. Sehingga jangan langsung menghabiskan uang cash untuk membeli emas.

Tulisan ini dipublikasikan di lantakanemas.com dengan judul Setelah Naik dan Tembus Rekor Pada Awal Tahun 2022, April-Mei 2022 Harga Emas Dunia Anjlok.