Hal-Hal Yang Harus Dihindari Setelah Membeli Emas dan Saat Menyimpan Emas

Gambar tanda panah

Bermain investasi emas artinya kita harus menyimpan dalam jangka waktu yang lama dan dijual saat harga emas tinggi apalagi saat tembus rekor seperti pada tulisan sebelumnya dimana harga emas Antam 100 gram tembus rekor 100 juta.

Ada hal-hal yang harus diperhatikan setelah membeli emas, baik itu emas perhiasan, emas Antam model lama tanpa Certieye atau emas Antam dengan Certi Eye agar emas, sertifikat atau bungkusnya tidak rusak. Berikut ini adalah hal-hal yang harus dihindari setelah membeli emas dan saat menyimpan emas.

1. Membuka Kemasan / Bungkus Emas Antam

Emas / Logam Mulia Antam yang model baru sertifikat keaslian emas menjadi satu dengan kemasan. Bungkus emas antam tersebut memiliki teknologi CertiCard dimana teknologi CertiCard memungkinkan aplikasi Certieye untuk cek keaslian emas Antam.

Apabila kemasan dibuka ada kemungkinan kemasan rusak dan akan menyebabkan harga emas jatuh saat dijual atau bahkan sulit dijual.

Begitu juga dengan emas Antam model lama dimana sertifikatnya masih berupa kertas. Sertifikat tersebut harus dijaga agar tidak rusak, lecek dan robek.

2. Menggosok Emas

Metode gosok emas biasanya digunakan untuk mengecek keaslian emas Antam. Biasanya dilakukan oleh toko emas atau Pegadaian. Hal ini tidak direkomendasikan untuk Logam Mulia emas Antam. Selain terkait poin pertama diatas dimana dapat menyebabkan kemasan rusak, juga mengurangi berat emas karena saat digosok ada sedikit emas yang berkurang.

Untuk emas perhiasan menggosok emas untuk cek keaslian emas wajar dilakukan karena banyaknya yang palsu. Namun tidak berlaku untuk emas batangan Antam.

3. Gadai Emas

Masih terkait poin kedua, berdasarkan pengalaman pribadi, untuk emas model lama dimana sertifikat emas masih kertas Pegadaian menggosokkan emas untuk cek keaslian emas Antam. Namun saat ini masih belum diketahui apakah masih dilakukan gosok emas.

4. Menyimpan Emas di Tempat Lembab atau Berair

Menyimpan emas batangan di tempat lembab berpotensi merusak kemasan emas batangan logam mulia Antam. Jadi sangat disarankan disimpan di tempat yang kering seperti brankas atau kotak perhiasan.

Bagi yang mencari brankas, kami menyediakan brankas dalam bentuk buku, silakan DM kami melalui Instagram, Facebook, atau Twitter untuk info lebih lanjut.

5. Saat Menyimpan Tertumpuk Barang Lain

Logam mulia emas Antam sangat disarankan untuk tidak ditumpuk dengan barang lain yang kira-kira berat. Hal ini untuk mencegah kemasan atau bungkus emas Antam rusak. Begitu juga dengan emas perhiasan, hal ini untuk menghindari kerusakan bentuk emas karena tertimpa benda berat. Sama seperti poin 4, sangat disarankan untuk menyimpan di brankas atau kotak perhiasan.

6. Jatuh

Baik emas atau kemasan emas Antam harap dipegang sebaik mungkin agar tidak terjatuh karena dapat menyebabkan kemasan rusak. Selain itu juga dapat menyebabkan emas sedikit berkurang beratnya jika emas terjatuh tanpa bungkus.

Tulisan ini dipublikasikan di lantakanemas.com dengan judul Hal-Hal Yang Harus Dihindari Setelah Membeli Emas dan Saat Menyimpan Emas.
Situs kami dapat bertahan dengan adanya iklan yang tayang.
Mohon matikan ad blocker Anda untuk membantu biaya operasional kami.