5 Hal Dasar yang Wajib Diketahui Jika Ingin Bermain Saham

gambar grafik harga saham

Saham adalah jenis investasi yang sangat disarankan karena akan memberikan keuntungan jangka panjang. Dengan membeli saham, maka Anda akan memiliki sebagian kepemilikan dari suatu perusahaan. Jika perusahaan untung besar, Anda juga akan kecipratan untung yang besar itu.

Tapi sebelum memulai bermain saham, Anda harus mengetahui beberapa hal dasar. Dengan memahami hal dasar ini, Anda tidak akan tersesat dan mengalami kerugian karena kesalahan - kesalahan yang tak perlu. Berikut lima hal dasar yang wajib Anda pahami.

1. Memahami Apa Itu Investasi Saham

Sebelum memulai investasi saham, Anda harus mengetahui apa itu saham. Di mana bisa melakukan investasi saham, dan bagaimana mekanisme keuntungan dari investasi ini.

Pahami baik-baik mulai dari keuntungan hingga risiko kerugian yang mungkin terjadi. Bacalah beberapa referensi atau buku tentang investasi agar Anda tidak sembarang investasi tanpa tahu apa yang sedang Anda lakukan.

2. Memiliki Rekening Saham

Beberapa bank swasta atau pemerintah di Indonesia sudah banyak menyediakan rekening saham. Bisanya mereka akan memberikan penjelasan-penjelasan terkait saham dan apa yang bisa Anda lakukan. Pilihlah bank yang memiliki kredibilitas tinggi dalam menangani klien yang ingin melakukan investasi saham.

3. Memilih Saham yang Sesuai

Inilah bagian paling sulit dalam memulai investasi saham. Anda harus bisa memilih saham dari perusahaan mana yang tepat. Jangan pilih perusahaan yang bergerak di bisnis yang diharamkan oleh agama.

Amati dan konsultasi sebelum memilih mana saja saham yang memiliki keuntungan besar dan risiko yang kecil. Anda harus bisa melihat track record saham dalam jangka waktu tertentu untuk menentukan sebuah kesimpulan.

4. Membeli Saham Sesuai Kebutuhan

Setelah melakukan analisis dengan baik. Anda bisa membeli saham dari perusahaan yang menjadi incaran. Anda bisa membelinya melalui pialang saham atau melakukan order secara langsung. Biasanya saham dijual dalam bentuk lot yang biasanya 1 lot berisi 100 lembar saham. Siapkan dana sebesar itu dan jangan lupa PPN 10%.

5. Menjual Saham di Saat yang Tepat

Anda bisa menjual saham saat harganya sedang tinggi dibandingkan saat membelinya. Dengan begitu untung bisa didapatkan dengan mudah.

Namun saat harganya anjlok dari harga awal, ada dua pilihan, biarkan begitu agar Anda tidak mengalami kerugian hingga harga naik atau cepat menjualnya sebelum harga turun lebih dalam. Sama halnya dengan emas, lebih baik membeli saham untuk jangka panjang dimana dijual ketika sudah tiga sampai lima tahun.

Demikianlah lima hal dasar yang harus Anda ketahui jika ingin mulai berinvestasi saham. Semoga bisa memberi manfaat.

Tulisan ini dipublikasikan di lantakanemas.com dengan judul 5 Hal Dasar yang Wajib Diketahui Jika Ingin Bermain Saham.