September 2022, Harga Emas Dunia Pecah Rekor Anjlok Tembus $300

Grafik harga emas dunia anjlok tembus $300

Inflasi biasanya mempengaruhi kenaikan harga emas dunia karena investor banyak yang membeli emas, namun kini berbalik.

Karena kebijakan suku bunga Bank Sentral Amerika dalam rangka mengendalikan inflasi, membuat investor meninggalkan emas dan berburu dollar amerika sehingga membuat dollar menguat tajam dan harga emas dunia anjlok.

Turunnya harga emas dunia ini merupakan yang terburuk sepanjang masa dan pecah rekor tembus $300 dibandingkan harga emas dunia pada bulan Maret 2022 dimana pada bulan Maret 2022 harga emas dunia tembus $2040 per ounce.

Saat ini harga emas dunia bergerak pada $1600 - $1700 per ounce.

Yang terpengaruh kuatnya mata uang dollar Amerika ini tidak hanya harga emas dunia, harga minyak dunia dan mata uang Euro dan saham juga terpengaruh.

Harga Emas Antam

Pada bulan Juli 2022, harga emas dunia mulai anjlok tajam tembus dibawah $1800, namun harga emas Antam tidak ikutan anjlok tajam. Analisa kami waktu itu karena dollar Amerika naik dan rupiah lemah.

Namun akhirnya pada bulan September 2022 walau rupiah sama lemahnya dibandingkan Juli 2022, harga emas Antam baru ikutan turun menyesuaikan harga emas dunia.

Apakah harga emas akan terus turun? Bisa ya bisa tidak, hal ini tidak bisa dipastikan. Namun hal terbaik yang bisa dilakukan adalah membeli emas Antam karena lagi murah banget dibandingkan harga emas Antam maret 2022.

Tulisan ini dipublikasikan di lantakanemas.com dengan judul September 2022, Harga Emas Dunia Pecah Rekor Anjlok Tembus $300.