Tips Investasi Emas Bagi Pemula

Jam analog emas dengan angka romawi

Hingga saat ini, emas masih menjadi investasi yang diminati. Meskipun banyak jenis investasi lainnya, namun emas masih dianggap sebagai investasi yang menguntungkan dan minim risiko. Harganya yang relatif stabil dan cenderung membuat emas masih dianggap sebagai safe haven.

Harga emas juga semakin naik dari tahun ke tahun, Anda bisa lihat di grafik harga emas. Hal ini dikarenakan jumlah emas juga semakin terbatas. Semakin langka sebuah barang, maka nilainya akan semakin tinggi. Bagi Anda yang ingin mulai berivestasi emas, ada beberapa cara yang bisa Anda pilih untuk mendapatkan keuntungan.

1. Mengambil Selisih Harga Beli dan Jual

Cara ini merupakan cara klasik untuk menabung emas dan mendapatkan keuntungan. Anda bisa membeli emas saat harga murah lalu menjualnya beberapa tahun kemudian untuk mendapatkan selisih harga yang lumayan banyak. Anda bisa memantau perkembangan harga emas dengan melihat grafik harga emas Antam yang diupdate setiap harinya.

Namun, untuk mendapatkan keuntungan yang signifikan, Anda perlu menunggu sekitar 5 hingga 10 tahun untuk menjual kembali emas Anda. Untuk membeli emas batangan yang legalitasnya jelas, Anda bisa mendatangi ke toko emas kepercayaan Antam atau butik emas Antam yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Beberapa diantaranya yaitu butik Antam Bandung, butik Antam Surabaya, butik Antam Pulogadung, dan beberapa butik di kota lainnya.

2. Membuat Tabungan Emas

Membuat tabungan emas dengan membeli emas sedikit demi sedikit di butik emas Antam. Anda dapat membeli emas 1 gram, 3 gram atau 5 gram terlebih dulu sesuai dengan uang yang Anda miliki.

Kumpulkan sedikit demi sedikit, nantinya saat sudah terkumpul, Anda dapat menggunakannya untuk memenuhi berbagai kebutuhan seperti membeli rumah, mobil, biaya haji atau umrah, liburan keluarga, pendidikan anak, dan lain sebagainya.

3. Jangan Pernah Gadai Emas dan Beli Emas Online non-Fisik

Gadai emas selain tidak menguntungkan karena biaya titip dan administrasi yang tinggi, praktek gadai pada Pegadaian diragukan kehalalannya. Begitu juga dengan emas non-fisik di Internet.

Bilangnya sih ada emas-nya, pada prakteknya emas secara fisik belum tentu ada. Saat penarikan emas fisik, bisa jadi kehabisan oleh pengguna lain yang juga melakukan penarikan.

Intinya emas itu bukan emas sebenarnya sampai kita mendapatkan fisiknya. Selain itu transaksi emas dimana fisik emas tidak diberikan seketika beberapa saat setelah uang ditransfer, maka hukumnya haram bagi yang beragama Islam untuk transaksi emas online.

Tulisan ini dipublikasikan di lantakanemas.com dengan judul Tips Investasi Emas Bagi Pemula.
Situs kami dapat bertahan dengan adanya iklan yang tayang.
Mohon matikan ad blocker Anda untuk membantu biaya operasional kami.