8 Keuntungan Investasi Emas

Gambar emas batangan Swiss

Antam merilis 8 alasan kenapa kita harus investasi emas batangan Antam.

Walaupun secara khusus membahas keuntungan investasi emas Antam, namun secara umum poin - poinnya berlaku juga untuk emas batangan merk lain baik dalam atau luar negeri.

Berikut ini adalah 8 alasan investasi emas Antam tersebut dengan tambahan penjelasan.

1. Tahan lama ⁣

Emas batangan atau emas fisik baik Emas Antam bukan memiliki satu kesaamaan, yaitu tahan terhadap segala kondisi cuaca, anti karat, asam, air bahkan api sekalipun meski melumer (di atas 1083 C) akan tetap emas dan bernilai, hanya berubah bentuk namun kemurnian dan massanya tetap.

Surat - surat berharga apabila terendam air atau terkena bencana alam nilainya berkurang atau hilang.

Begitu juga dengan emas online, selain terlarang bagi yang muslim, apabila situs terkena serangan hacker atau internet rusak maka simpanan emas kita tidak dapat diakses.

Oleh sebab itulah sangat disarankan membeli emas fisik tanpa online seperti pergi langsung ke toko emas. ⁣

2. Nilai Universal⁣

Berbeda dengan mata uang dimana kita harus menukar di negara setempat, secara umum emas pada umumnya diakui dimanapun atau memiliki nilai universal.

Secara khusus emas batangan Logam Mulia Antam sudah diakui hingga kancah internasional, sehingga harga yang ditawarkan juga sangat kompetitif dan tentunya disertai dengan sertifikat yang resmi yaitu sertifikat LBMA.⁣ ⁣

3. Resiko Sedang⁣

Investasi emas batangan secara umum atau emas Antam ini memiliki risiko yang lebih rendah dibandingkan instrumen investasi yang lain. Emas untuk jangka pendek berfluktuasi kadang naik kadang turun, namun untuk jangka panjang akan terus naik berdasarkan grafik harga emas.

Jika kamu pemula, investasi emas ini relatif disarankan karena mudah dipelajari dan bisa dimulai dari membeli ukuran gram yang kecil.

Investasi emas intinya hanya tiga hal: hanya butuh beli, simpan, dan jual saat harga buy back emas tinggi.⁣ ⁣

4. Liquid Dan Di Kuasai Sendiri⁣

Emas lebih liquid (mudah dicairkan) dibanding instrumen investasi yang lain seperti properti, saham, obligasi, atau kendaraan yang biasanya membutuhkan waktu lebih dari 1 hari untuk dicairkan. Jika sedang kepepet butuh uang, kita tinggal menjual ke toko emas terdekat.

Emas juga bersifat ownership & stewardship (Kepemilikan dan Pengelolaan sendiri). Maksudnya adalah emas yg kita beli, kita sendiri miliki dan kita sendiri yg menyimpan. Ketika kita pegang emas, itu berarti kita memegang aset dan tidak tergantung pada orang lain.

Jika memiliki emas fisik, kita juga dapat mewariskan kepada anak cucu tanpa harus repot melalui proses hukum atau akte jual beli.

Namun hal ini hanya berlaku untuk emas berbentuk fisik. Jika beli emas online, maka sifat ownership dan stewardship tidak ada lagi karena kita tergantung pada internet dan situs dimana kita beli emas online.

Sekali lagi oleh sebab itulah tidak disarankan beli emas secara online. ⁣

5. Modal Awal Minim⁣

Masyarakat juga akan mendapatkan keuntungan lain karena harga Emas Antam ini relative lebih minim ketimbang jenis investasi lain seperti properti.⁣

Dengan modal 6 jutaan, per Agustus 2019 ini kita dapat memiliki emas Antam sebesar 10 gram. ⁣

6. Kebal Inflasi⁣

Emas Antam bisa dijadikan sebagai alat proteksi asset yang kebal terhadap inflasi & deflasi yang merupakan perampok yang tak terlihat, semakin tinggi inflasi maka harga emas akan semakin naik.⁣

Selain itu jika dibandingkan menyimpan dalam bentuk uang, meyimpan emas secara fisik tidak terkena biaya admin atau pajak. Walaupun per 2017 transaksi jual dan beli emas Antam dikenakan pajak, namun saat menyimpannya dalam bentuk fisik tidak dikenakan pajak.

Namun hal ini lagi - lagi tidak berlaku bila beli emas secara online.

Seperti yang telah dijelaskan di poin sebelumnya, selain emas tidak diperbolehkan secara online dalam Islam, jika beli emas secara online maka ada ketergantungan situs atau website tempat jual beli emas.

Misal, bila situs tersebut menaikkan harga anggota atau mengharuskan membayar iuran tertentu maka kita tidak bisa berbuat banyak. ⁣

7. Perawatan Mudah⁣

Cukup mudah untuk merawatnya, hanya dengan menyimpannya di tempat yang aman. Aman yang dimaksud adalah tidak mudah dijangkau oleh debu, rayap, atau pencuri. Bila dirasa perlu, dapat disimpan di dalam brankas.

Dibandingkan investasi properti, selain kena pajak bumi dan bangunan atau PBB, investasi properti mengharuskan kita keluar biaya perawatan properti setiap beberapa bulan sekali. ⁣

8. Portable ⁣

Emas Antam mudah dibawa dan dipindahkan (moveable / portable). Per Agustus 2019 uang sebanyak 600an juta hanya sebesar telepon genggam jika dibelikan emas batangan sehingga mudah dibawa.

Tulisan ini dipublikasikan di lantakanemas.com dengan judul 8 Keuntungan Investasi Emas.
Situs kami dapat bertahan dengan adanya iklan yang tayang.
Mohon matikan ad blocker Anda untuk membantu biaya operasional kami.