Apa Itu Buyback Emas?

gambar arti buyback emas antam

Apa itu buyback emas Antam? Seringkali yang baru belajar dalam dunia investasi emas bertanya arti buyback emas Antam. Tulisan ini akan memberi penjelasan pengertian buyback emas dan harga jual emas.

Dalam istilah keuangan seperti saham dan jual beli emas, paling sering terdengar istilah buy back. Arti buyback dalam bahasa indonesia adalah beli kembali.

Arti harga buyback emas dalam jual beli emas Antam adalah harga dimana saat kita menjual emas kita ke toko emas atau ke Antam dan toko emas atau Antam tersebut melakukan beli kembali emas ke pembeli / pelanggan.

Harga buyback emas sering disingkat sebagai harga beli emas saja.

Sedangkan harga jual emas adalah harga yang digunakan saat toko emas atau Antam menjual emas ke pembeli / pelanggan.

Biasanya setiap hari harga emas 24k gold Antam berubah baik harga jual atau beli dan disetiap cabang Antam harga emas berbeda - beda. Paling murah adalah di Antam Pulogadung karena produksi emas batangan Antam 24 karat ada disana.

Ketika kita beli emas 24 karat ke toko atau Antam akan dikenakan harga jual pada hari saat beli.

Sedangkan saat kita hendak menjual, maka akan digunakan harga buyback emas pada tanggal saat kita menjual ke toko emas atau Antam.

Contoh

Tanggal 1 Juli 2015 harga emas jual emas 10gr 24 karat adalah 5 juta rupiah. Lalu, harga buyback emas Antam 23 september 2017 546.000 per gram.

Maka cara hitung keuntungannya emasnya adalah 546.000 x 10 = 5.460.000 - 5.000.000 = 460.000 rupiah.

Pusing dengan perhitungan diatas? Solusinya mudah, di aplikasi Catetin sudah menyediakan perhitungan keuntungan tersebut.

Pesan Penting

Perlu diingat, harga jual emas semakin kecil ukuran akan semakin mahal dan harga per gram emas akan semakin murah jika ukuran gram semakin besar.

Perlu diperhatikan juga grafik harga emas agar kita dapat mengetahui kapan waktunya beli atau jual emas.

Tulisan ini dipublikasikan di lantakanemas.com dengan judul Apa Itu Buyback Emas?.