Tips Memulai Bisnis Bagi Pemula yang Ingin Sukses

Dewasa ini, pekerjaan adalah hal yang sulit sekali didapatkan. Banyak sekali sarjana, bahkan yang bergelar master pun tak kunjung mendapatkan pekerjaan yang layak. Dunia kerja sudah semakin kompetitif hingga yang tak beruntung akan semakin buntung.

Untuk bisa lepas dari zona pengangguran yang kadang sangat menyiksa, beberapa orang mulai menjalankan sebuah bisnis. Mereka ingin menciptakan lapangan pekerjaannya sendiri.

Jika Anda memiliki situasi sama seperti di atas dan ingin memulai sebuah bisnis. Coba perhatikan beberapa tips sederhana namun sangat berguna di bawah ini.

1. Melakukan Analisis Ide Bisnis

Untuk memulai bisnis tentu Anda perlu memiliki ide yang matang. Dari ide itu nanti akan tercipta sebuah bisnis yang cocok untuk Anda dan tentu menghasilkan banyak sekali pundi- pundi rupiah.

Coba analisis dalam-dalam apakah ide itu akan memberikan banyak keuntungan. Apa kendala jika melaksanakannya, dan apakah ide itu sudah realistis dan sesuai dengan keadaan sekarang.

2. Memikirkan Modal Usaha

Memulai bisnis entah itu bisnis distro atau kuliner, modal yang cukup besar selalu dibutuhkan. Coba perkirakan berapa jumlah dana yang akan disiapkan.

Lantas dana itu berasal dari mana? (Uang sendiri atau meminjam dari bank) Bisnis adalah bagian dari investasi, jadi mau tidak mau Anda harus jeli agar segalanya berjalan dengan lancar.

3. Pikirkan Risiko Bisnis

Semua pengusaha pasti mengalami yang namanya kegagalan, dan hal ini adalah biasa. Dalam memulai bisnis, coba pikirkan tentang sebuah risiko yang tidak diinginkan. Dari risiko ini

Anda akan bisa berpikir lebih jauh ke depan. Jangan terlalu berpikir tentang keuntungan saja. Pikirkan juga peluang usaha bangkrut dan bagaimana cara mengatasinya.

4. Perbanyak Relasi

Berbisnis tanpa relasi sama saja dengan hidup di tengah padang pasir sendirian saja. Carilah relasi bisnis sebanyak-banyaknya. Jika mungkin Anda bisa menjalin kerja sama terutama untuk masalah modal.

Dengan melakukan ini, risiko terjadi kebangkrutan akan menipis. Dan yang tak kalah penting lagi, usaha Anda akan lebih mudah dikenal oleh semua kalangan.

5. Berorientasi Pada Kualitas

Berorientasilah pada sebuah kualitas di awal usaha. Buat konsumen puas dengan produk bisnis Anda. Jika semuanya sudah berjalan, kejar kuantitas tanpa meninggalkan kualitas yang telah ada. Dengan begitu, bisnis yang Anda buat akan bisa bertahan lebih lama, bahkan berkembang dengan pesat.

Demikianlah tips memulai bisnis bagi para pemula yang ingin sukses. Semoga bisa membantu Anda meraih mimpi menjadi pengusaha yang sukses.

Baca juga 5 Kesalahan Umum Saat Melakukan Investasi Emas.

Tulisan ini dipublikasikan di lantakanemas.com dengan judul Tips Memulai Bisnis Bagi Pemula yang Ingin Sukses.