5 Kesalahan Umum Saat Melakukan Investasi Emas

  • Kategori:

gambar emas batanganInvestasi dengan emas memang sangat menguntungkan, bahkan bisa dilakukan oleh siapa saja. Sayangnya, tak semua orang bisa melakukan investasi emas dengan cara yang benar.

Mereka sering melakukan banyak sekali kesalahan yang secara umum bisa Anda simak di bawah ini. Coba perhatikan agar Anda tidak melakukan kesalahan yang sama.

1. Membeli Emas Tanpa Mengetahui Fisiknya

Zaman sekarang investasi emas memang banyak sekali jenisnya. Mulai dari emas yang bentuknya bisa lihat hingga yang cuma berupa surat saja. Untuk investasi yang aman lebih baik beli emas yang sesungguhnya.

Meski emas dalam bentuk surat atau dokumen memiliki keuntungan yang menggiurkan, lebih baik hindari. Anda lebih baik mengambil emas yang tanpa risiko dan pasti untung daripada emas yang masih punya risiko tinggi. Terlebih jika sampai terkena penipuan.

2. Membeli Emas dalam Bentuk Perhiasan

Jangan sekali-kali membeli emas yang bentuknya perhiasan. Alasannya adalah emas itu tidak murni, bahkan banyak sekali campuran logam bukan emasnya. Emas jenis itu juga sangat susah dijual kecuali ke toko tempat Anda semula membelinya. Parahnya, harga jual akan turun dengan sangat drastis. Usahakan beli emas di Pegadaian dan berupa emas batangan. Biasanya PT. Antam menyediakan dalam berbagai ukuran berat sesuai dengan kebutuhan.

3. Menyimpan Emas Sembarangan

Jangan sekali-kali menyimpan emas batangan Anda di dalam rumah jika tidak memiliki brankas atau tempat penyimpanan rahasia. Anda bisa menyewa SDB atau safe deposit box yang disediakan oleh bank atau Pegadaian.

Biasanya ada uang sewa yang harus dibayarkan, bisa per bulan atau per tahun. Daripada emas hilang di rumah lebih baik menyimpannya di tempat yang memiliki pengamanan ekstra.

4. Membeli Emas dengan Berutang di Luar

Jangan berutang uang di luar hanya untuk membeli emas batangan. Anda akan rugi dan investasi jadi tidak berguna. Berdasarkan pribadi, lebih baik menabung dahulu hingga uang cukup dan beli ketika harga emas sedang murah.

Dalam setahun biasanya tren pergerakan harga emas ada masa - masa harga rendah, diwaktu itulah saat yang tepat membeli emas dengan uang yang kita kumpulkan dengan menabung. Lebih baik lagi jika bisa potong langsung dari gaji per bulan dan langsung simpan sebagai tabungan emas.

5. Memaksakan Diri dalam Membeli Emas

Jangan memaksakan diri untuk membeli emas dalam jumlah yang besar. Beli sesuai dengan kemampuan sedikit demi sedikit. Emas adalah investasi dan sebaliknya jangan membuat Anda jadi kesusahan untuk membelinya jika akhirnya harus mengutang juga. Emas dalam ukuran kecil masih tetap berharga.

Namun jika memiliki kemampuan untuk membeli ukuran emas batangan Antam 10 gram atau lebih, maka sebaiknya kumpulkan hingga mencukupi ukuran yang besar.

Perlu diingat, ukuran semakin besar harga emas batangan Antam lebih murah dibanding ukuran kecil. Misal, jika 10 gram bisa dijual 5,2 juta rupiah, maka ukuran 100 gram bisa dengan harga 51 juta atau bahkan 50 juta rupiah.

Demikianlah lima kesalahan umum saat melakukan investasi emas. Semoga kesalahan di atas tidak Anda lakukan.

Tulisan ini dipublikasikan di lantakanemas.com dengan judul 5 Kesalahan Umum Saat Melakukan Investasi Emas.
Situs kami dapat bertahan dengan adanya iklan yang tayang.
Mohon matikan ad blocker Anda untuk membantu biaya operasional kami.