Harga Emas Dunia Masih Tertekan Ekonomi Amerika

  • Kategori:
Mendekati akhir tahun harga emas dunia kembali tertekan karena data ekonomi Amerika Serikat yang lebih kuat.

Harga emas dunia saat ini pada level $1.170an per ounce, perak ditutup pada 15,71 dollar AS per ounce dan platinum ditutup pada 1.191,1 dollar AS per ounce.

Meski harga emas dunia masih tertekan, di Indonesia harga emas logam mulia Antam justru mengalami kenaikan Rp. 2.000 per gram untuk buy back.

Menurut Departemen Tenaga Kerja AS jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran turun pada pekan lalu. Hal ini dapat dijadikan bukti untuk mendukung pandangan bahwa ekonomi AS bangkit kembali seperti dikutip dari Kompas.

Dalam pekan yang berakhir 20 Desember 2014, angka pendahuluan untuk klaim awal yang disesuaikan secara musiman turun dari 289.000 menjadi 280.000.

Selain itu Biro Analisis Ekonomi AS melakukan revisi pertumbuhan produk domestik bruto kuartal ketiga menjadi lima persen dimana angka terkuat sejak kuartal ketiga pada tahun 2003.

Sementara itu, harga minyak terjadi penurunan juga karena laporan pemerintah menunjukkan bahwa pasokan minyak mentah AS meningkat lebih dari yang diperkirakan.Tulisan ini dipublikasikan di lantakanemas.com dengan judul Harga Emas Dunia Masih Tertekan Ekonomi Amerika.