Sempat Turun Karena Profit Taking, Emas Kembali Kinclong

  • Kategori:
Setelah kemarin sempat mengalami penurunan hingga ke level $1351-an per ounce karena adanya aksi ambil untung, harga emas dunia terbaru saat ini kembali menguat menyentuh di level $1370 - $1379-an per ounce. Adanya permintaan emas sebagai safe-haven dan turunnya mata uang Dollar menjadi penyebabnya naiknya kembali harga emas seperti dikutip dari Kitco.

Penurunan tajam mata uang Rupee India dan Rupiah Indonesia telah menarik perhatian pelaku pasar, kekhawatiran kondisi di Asia yang akan tertular mulai bergolak. Kenaikan suku bunga di negara - negara maju telah memberikan tekanan pada mata uang negara berkembang seperti Indonesia. Eskalasi di pasar uang oleh Investor mengenai keadaan ini kemungkinan besar akan mendorong permintaan emas sebagai safe haven.

Pada hari Rabu ini the Federal Reserve melalui FOMC minutes akan mengeluarkan risalah dimana risalah ini biasanya menunjukkan apa yang akan dilakukan the Fed terkait kebijakan ekonominya. Selain itu beberapa data ekonomi Cina juga akan dirilis pada hari kamis.

Mesir dimana pergolakan antara masyarakat sipil dan militer masih terjadi juga masih menjadi perhatian trader dan investor. Meningkatnya kekerasan akan berdampak pula pada pasar dan juga bisa mendorong kenaikan permintaan untuk aset sebagai safe haven, termasuk emas.Tulisan ini dipublikasikan di lantakanemas.com dengan judul Sempat Turun Karena Profit Taking, Emas Kembali Kinclong.