Robert Kiyosaki - Empat Jenis Aset

Robert Toru Kiyosaki (lahir 8 April 1947) adalah seorang investor, businessman, author, dan juga motivator asal Amerika dimana mulai dikenal banyak orang karena buku Rich Dad Poor Dad karangannya sukses di pasaran. Dalam pembahasan tentang aset seperti dikutip dari wawancara Jason Hartman dan Robert Kiyosaki, Robert Kiyosaki membagi aset menjadi empat jenis untuk mendapatkan kekayaan.

  1. Bisnis. Bisnis disini merupakan bisnis yang dapat menghasilkan arus kas bulanan tanpa perlu kehadiran sang owner atau sudah memiliki sistem.
  2. Real Estate / Properti. Real estate atau properti disini merupakan real estate yang dapat menghasilkan pemasukan bulanan seperti gudang, apartemen, atau rumah yang disewakan.
  3. Aset Kertas. Contoh aset kertas adalah reksa dana, kepemilikan saham. Namun bagi Muslim perlu diingat untuk diteliti dahulu. Jika perusahaan yang kita beli memiliki transaksi haram, maka akan terkena dosanya juga.
  4. Komoditas. Komoditas disini contohnya adalah emas dan perak yang dapat digunakan sebagai lindung nilai.

Menurutnya, untuk mendapatkan kekayaan membutuhkan ilmu. Jika tanpa memiliki ilmunya, kita akan kehilangan uang di entah di bisnis, real estate, aset kertas ataupun komoditas. Ibarat menerbangkan pesawat, ilmu sangat menentukan apakah kita sukses menerbangkan pesawat tersebut atau hancur.

Tulisan ini dipublikasikan di lantakanemas.com dengan judul Robert Kiyosaki - Empat Jenis Aset.