Pengertian Safe Deposit Box / SDB

gambar brankas safe deposit box

Layanan Kotak Simpanan atau Safe Deposit Box adalah jasa penyewaan kotak penyimpanan atau brankas untuk menyimpan apapun yang menurut penggunnya berharga seperti harta berupa uang, benda berharga berupa perhiasan atau emas, sertifikat rumah atau surat berharga.

Brankas Safe Deposit Box yang dirancang secara khusus dari bahan baja dan ditempatkan dalam ruang khusus yang kokoh dan tahan api. Safe Deposit Box atau SDB ini biasanya dilengkapi keamanan 24 jam serta tidak sembarangan orang boleh masuk ruangan Safe Deposit Box.

Selain itu, brankas Safe Deposit Box dilengkapi dengan dua buah kunci, yaitu kunci brankas yang pemilik pegang dan kunci yang dimiliki oleh pihak bank. Sehingga untuk membuka brankas Safe Deposit Box harus minimal dengan dua kunci, jika satu kunci saja, kotak penyimpanan tidak bisa dibuka.

Ada berbagai macam ukuran, beda ukuran Safe Deposit Box beda juga harganya. Biasanya bank memiliki jasa Safe Deposit Box, namun perlu diingat ada beberapa bank yang hanya menyediakan jasa Safe Deposit Box dengan syarat menjadi nasabah prioritas dimana nasabah tersebut harus menabung dengan jumlah tertentu dan tidak boleh diambil dengan jangka waktu tertentu.

Jenis - Jenis Ukuran Safe Deposit Box

Ada berbagi macam jenis ukuran Safe Deposit Box, biasanya setiap bank berbeda - beda. Berikut ini adalah ukuran Safe Deposit Box bank Mandiri:

TipeUkuran (cm) T x L x P
Mini12.5 x 12.5 x 60
Kecil7.5 x 25 x 60
Sedang12.5 x 25 x 60
Besar25 x 25 x 60
Ekstra 137.5 x 37.5 x 60
Ekstra 287.5 x 37.5 x 60

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Berikut ini adalah hal - hal yang perlu diperhatikan mengenai Safe Deposit Box berdasarkan OJK:

  • Adanya biaya yang dibebankan kepada penyewa, antara lain uang sewa, uang agunan kunci dan denda keterlambatan pembayaran sewa.

  • Bank tidak bertanggungjawab atas Perubahan kuantitas dan kualitas barang yang kita simpan. Jika barang hilang atau rusak, maka bukan merupakan kesalahan bank.

  • Dilarang menyimpan barang - barang seperti senjata api atau bahan peledak, serta segala macam barang yang diduga dapat membahayakan atau merusak SDB yang bersangkutan dan tempat sekitarnya.

Kelemahan Safe Deposit Box

Selain berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh Safe Deposit Box seperti keamanan dan kenyamanan, ada beberapa kelemahan, yaitu:

  • Biasanya nasabah tidak dapat mengakses Safe Deposit Box diluar jam kerja, sehingga jika terjadi kebutuhan mendadak harus menunggu pada hari kerja.
  • Jika ada oknum bank yang nakal, nasabah dapat menjadi incaran. Hal ini pernah terjadi di Indonesia.

Walaupun memiliki beberapa kelemahan, sepertinya Safe Deposit Box merupakan salah satu tempat teraman dalam menyimpan barang terutama surat berharga seperti sertifikat rumah.

Tulisan ini dipublikasikan di lantakanemas.com dengan judul Pengertian Safe Deposit Box / SDB.
Situs kami dapat bertahan dengan adanya iklan yang tayang.
Mohon matikan ad blocker Anda untuk membantu biaya operasional kami.
Kontak Tentang Made with by KAK Labs