Fakta Emas Yang Jarang Diketahui Orang

Banyak fakta menarik tentang emas yang jarang diketahui. Apa saja sih? dikutip dari kaskus, berikut fakta menari tentang emas.

Emas Merupakan Logam yang Lentur

emas murni

Meskipun terkesan keras atau solid, emas sesungguhnya merupakan logam yang sangat lentur, lunak, dan mudah ditempa. Menurut sebuah penelitian, 28 gram emas bisa direntangkan sampai sepanjang 8 kilometer. Saking lenturnya, emas bahkan bisa digunakan sebagai benang sulam untuk membuat kain. Wow!

Kenapa Emas Disebut Logam Mulia?

Seperti halnya platina dan perak, emas disebut sebagai logam mulia atau noble metal. Hal ini disebabkan oleh karakter emas yang tidak reaktif dan tahan terhadap korosi maupun oksidasi.

Logam mulia seperti emas tidak mudah terpengaruh oleh kondisi lingkungan. Emas juga sangat sulit bereaksi dengan asam. Hal inilah yang membuat logam mulia seperti emas memiliki harga yang cukup tinggi dibandingkan dengan logam jenis lain

Negara mana yang paling banyak memproduksi emas

tambang emas

Tidak semua emas yang ditambang kemudian dimurnikan atau diolah untuk kemudian diperjualbelikan. Pada 2008 Cina menghasilkan 292 ton, kemudian diikuti oleh Amerika dengan 234,5 ton, Afrika Selatan 233,3 ton dan Australia 215,2 ton (GFMS Gold Survey).

Berapa biaya penambangan dan produksi emas?

Biaya penambangan dan biaya produksi emas biasanya dihitung atau ditampilkan dengan satuan per troy ounce, yaitu US$469 hingga selesai ditambang dan US$601 hingga selesai seluruh proses produksi.

Tambang emas apa yang berlokasi paling dalam?

Lokasi tambang emas terdalam ada di Anglogold Ashanti’s Mponeng di luar kota Johannesburg, Afrika Selatan. Kedalamannya mencapai 3,778 meter. Untuk mencapai lokasi, perjalanan memakan waktu lebih dari satu jam dengan tiga pos pemberhentian.

Berapa banyak emas yang disimpan oleh Bank Sentral?

Sekitar 30.000 ton. Sekitar 133.000 ton lainnya dipegang oleh investor individual. Bank sentral menyimpan emas sebagai ketahanan moneter negaranya, sama fungsinya seperti cadangan devisa dalam bentuk mata uang negara lain seperti Euro, US$, Poundsterling dan Yen.

Uniknya, negara barat yang notabene kapitalis dan sponsor utama uang kertas menyimpan lebih banyak emas daripada mata uang kertas. Seperti Amerika yang menyimpan 8.133,5 ton emas atau 74,5% dari total cadangan devisanya. Sedangkan Jerman dengan 3.396,3 ton atau setara 71,4% total cadangan devisanya. Bagaimana dengan Cina? Cina ‘hanya’ memiliki 1.054 ton emas dimana angka ini mengambil porsi 1,6% dari total cadangan devisa.

Tempat Bank Sentral menyimpan emasnya dimana sih?

Sebagian besar emas disimpan di ‘gudang emas’ bank sentral masing-masing negara. Atau juga di Federal Reserve Bank (The Fed) di New York atau Euro Central Bank (EUCB).

Akan tetapi bank sentral yang akan memperjual-belikan cadangan emasnya dalam pasar tertutup harus meletakkannya terlebih dahulu di Bank of England. Selain karena menjadi poros harga, Bank of England di London menyediakan gudang besar yang bisa menyimpan emas dalam jumlah banyak serta mudah dalam mobilisasi fisik dan kliring.

kenapa ada iklan?
Made with by KAK Labs