5 Tips Canggih Mengatur Keuangan Pribadi agar Tidak Tekor

gambar uang dollar Sebanyak apa pun rupiah yang Anda dapatkan, jika pengelolaannya tidak baik, maka belum akhir bulan pun dompet pasti sudah kosong.

Parahnya, jika Anda jadi sering menggunakan kartu kredit karena merasa tidak puas dengan gaji yang didapat. Akhirnya utang pun menggunung dan Anda akan semakin kelabakan.

Jika Anda ingin segara lepas dari belenggu “tidak bisa mengatur uang”, coba perhatikan lima tips canggih di bawah ini.

1. Berikan Sebuah Tujuan pada Uang yang Anda Punya

Misal seperempat atau sepertiga gaji akan Anda tabung untuk investasi masa depan. Lalu untuk biaya hidup dan membayar cicilan hutang juga harus disiapkan terlebih dahulu.

Jika Anda suka makan di luar, coba dikurangi. Lebih baik uangnya digunakan untuk membeli barang-barang yang lebih bermanfaat.

2. Lebih Bisa Menahan Godaan

Jangan gampang tergiur dengan godaan yang membuat Anda rela mengeluarkan banyak uang. Misal ada ponsel keluaran terbaru lalu Anda ingin membelinya.

Yang lebih parah lagi, ada diskon baju di toko online dan Anda kepincut ingin membeli semuanya. Stop, gunakan uang untuk kebutuhan yang memang darurat.

3. Melacak Setiap Pengeluaran yang Dilakukan

Lacak setiap pengeluaran yang Anda lakukan. Sebisa mungkin Anda tahu ke mana saja uang itu habis.

Dengan melacak ke mana uang paling banyak habis, Anda bisa menekan pengeluaran di area itu bulan berikutnya. Kebanyakan orang tidak tahu ke mana uangnya pergi. Tahu-tahu sudah habis begitu saja.

4. Membuat Dua Rekening

Rekening pertama digunakan untuk menyimpan uang, rekening kedua untuk berbelanja. Saat Anda gajian, usahakan transfer beberapa uang ke rekening belanja. Gunakan uang itu sehemat mungkin.

Jangan sekali-kali mengambil uang dari rekening untuk tabungan. Dengan cara ini, Anda akan mulai disiplin menggunakan uang secara tepat agar tidak habis sebelum tanggal gajian datang.

5. Mencari Rupiah Lain di Luar Pekerjaan Utama

Merasa uang jajan masih kurang? Coba cari pekerjaan yang lain. Anda bisa menjadi freelancer untuk pekerjaan tertentu. Luangkan waktu sepulang atau sebelum kerja untuk melakukan beberapa pekerjaan kecil. Di awal bulan, tambahan pendapatan akan Anda dapatkan.

Inilah lima tips canggih yang bisa Anda lakukan agar tidak tekor dalam mengelola keuangan pribadi. Semoga bermanfaat dan membuat Anda semakin menghargai pundi-pundi rupiah yang didapat dengan susah payah.

Tulisan ini dipublikasikan di lantakanemas.com dengan judul 5 Tips Canggih Mengatur Keuangan Pribadi agar Tidak Tekor.