Menkeu: Berdasarkan Data Rupiah Lemah Bikin Surplus Anggaran

  • Kategori:
Seperti kita ketahui, belakangan mata uang rupiah terus melemah terhadap dollar AS dan bahkan ada yang memprediksi akan tembus Rp. 25.000 per dolar amerika.


Menteri Keungangan Bambang PS Brodjonegoro bersyukur mata uang rupiah melemah terhadap mata uang dollar amerika. Menurut Bambang, dengan lemahnya rupiah, justru akan menambah surplus anggaran seperti dikutip dari Kompas.
Nilai tukar rupiah yang stabil di kisaran Rp 13.300 per dollar AS justru disyukuri oleh Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro. Menurut Bambang, rendahnya nilai tukar ini justru akan menambah surplus anggaran.

Hal tersebut disebabkan saat ini pemerintah sudah tidak memberi subsidi pada bahan bakar minyak (BBM). Sebagaimana diketahui, lebih dari separuh kebutuhan BBM domestik didatangkan dari impor.

Rendahnya nilai tukar rupiah bisa berbahaya bagi defisit anggaran jika BBM-nya masih banyak mendapatkan subsidi dari APBN. “Tahun ini karena subsidi BBM-nya sudah tidak ada, kalau ada pelemahan rupiah kita tidak mengalami pelebaran defisit. Malah surplusnya tambah,” kata Bambang dalam sebuah diskusi di Jakarta, Jumat (3/7/2015).

Bambang menjelaskan, surplus anggaran tersebut berasal dari tambahan penerimaan seperti ekspor minyak dan gas bumi serta pertambangan. Ekspor komoditas tersebut dilakukan dalam bentuk dollar AS. Memang, bunga utang pemerintah akan meningkat.

Namun, dia memastikan bahwa peningkatan penerimaan dari sektor migas dan pertambangan akan lebih besar dari peningkatan bunga utang pemerintah yang harus dibayar. “Jadi ujungnya di budget, surplus. Saya tidak bisa mengarang karena ini data. Dollar melemah justru surplus di anggaran bertambah,” kata Bambang.

Namun demikian, dia tidak menyebut berapa surplus anggaran yang diperoleh dari pelemahan rupiah.
Yang menarik, walaupun menyebutkan berdasarkan data Menkeu masih belum berani menyebut angka surplus itu berapa. Jika berdasarkan data, Menkeu seharusnya perlu menyebutkan berapa angka surplus tersebut.Tulisan ini dipublikasikan di lantakanemas.com dengan judul Menkeu: Berdasarkan Data Rupiah Lemah Bikin Surplus Anggaran.