Harga Emas Dunia Merangkak Naik Menjelang Imlek

  • Kategori:
Meski 2014 harga emas dunia ditutup lebih rendah dibanding 2013, harga emas dunia mulai merangkak naik pada awal tahun 2015 meski masih dibayangi penguatan mata uang dollar Amerika.

Penyebabnya adalah China dan Eropa yang menyokong pergerakan harga emas dan menyentuh level hingga $1.199 per ounce.

Berdasarkan Kontan, faktor yang menaikkan harga emas adalah akibat respon dari investor terhadap krisis politik yang terjadi di Yunani.

Saat ini Yunani berpotensi keluar dari Zona Euro dan akan memiliki kebijakan bank sentral yang berbeda dari Amerika Serikat dan Eropa. Hal ini dapat menurunkan nilai tukar mata uang Euro dan menaikkan harga emas dunia.

Selain itu, permintaan emas dari Cina yang mulai meningkat menyusul perayaan Tahun Baru China atau Imlek juga membantu kenaikan harga emas dunia dalam satu hingga dua bulan mendatang.

Sisi lainnya, kenaikan harga emas ini dilawan oleh index dollar AS masih terus menguat. Saat index dollar AS menguat, maka akan menekan harga emas dunia.

Di dalam negeri, Harga emas logam mulia Antam sendiri saat ini tidak mengalami kenaikan harga dibanding dengan harga sehari sebelumnya.Tulisan ini dipublikasikan di lantakanemas.com dengan judul Harga Emas Dunia Merangkak Naik Menjelang Imlek.