Harga Minyak Dunia Turun Ke Posisi Terendah, Harga Emas Gagal Naik Lagi

  • Kategori:
Meski harga emas lokal di Indonesia, yaitu LM Antam, berada pada harga jual yang sama dengan hari kemarin, harga emas dunia hari ini mengalami penurunan. Salah satu kaitannya adalah kejatuhan harga minyak dunia.

Berdasarkan Kitco, Kamis 11 Desember 2014, harga emas dunia hari ini berada di level $1200an per ounce. Sedangkan kemarin harga logam mulia sempat menyentuh level 1.239 dollar amerika per ounce.

Hanya minyak mentah terus merosot setelah organisasi negara-negara pengekspor minyak (OPEC) menyatakan bahwa kemungkinan besar permintaan minyak mentah pada tahun depan akan mengalami penurunan.

Harga Minyak Dunia Turun Ke Posisi Terendah

Harga minyak dunia turun ke level terendah dalam lima tahun terakhir setelah keluarnya dua laporan mengenai pasokan minyak dunia saat ini yang ternyata lebih tinggi dibanding dengan permintaan.

Harga minyak mentah terus mengalami penurunan sejak pertengahan Juni lalu dan apabila ditotal, harga komoditas minyak telah jatuh sekitar 43 persen.

Berdasarkan BBC News Business, Kamis 11 Desember 2014, Harga minyak mentah jenis Brent turun sebesar US$ 2,19 per barel atau sebesar 3,28 persen dibanding dengan perdagangan sebelumnya.

Organisasi negara-negara pengekspor minyak (OPEC) mengeluarkan laporan bahwa akan ada penurunan permintaan global akan minyak dunia pada tahun 2015.

Laporan lainnya adalah yang dikeluarkan oleh Amerika Serikat (AS). Berdasarkan laporan tersebut seperti yang disarikan oleh Liputan6, juga menunjukkan bahwa persediaan minyak mentah negara tersebut juga cukup tinggi sehingga mendorong penurunan harga minyak.

Departemen Energi AS menjelaskan bahwa ada peningkatan stok minyak mentah yang cukup signifikan pada pekan lalu yaitu mencapai 1,56 juta barel.

Kenaikan stok tersebut menyebabkan menurunan harga bensin, bahan bakar pesawat terbang dan minyak pelumas.

Oleh karena itu, Departemen Energi Amerika memperkirakan bahwa harga bensin di AS akan turun sebesar 23 persen menjadi US$ 2,60 per galon pada tahun depan.Tulisan ini dipublikasikan di lantakanemas.com dengan judul Harga Minyak Dunia Turun Ke Posisi Terendah, Harga Emas Gagal Naik Lagi.