BNI Debit Online dengan MasterCard VCN Sebagai Alternatif Kartu Kredit

  • Kategori:
BNI Debit Online adalah alternatif pembayaran online dengan menggunakan Virtual Card Number (VCN) dimana dapat digunakan sebagai pengganti nomor asli BNI Kartu Debit berlogo MasterCard yang sumber dananya berasal dari rekening tabungan / giro perorangan.

Berdasarkan informasi dari BNI, VCN (Virtual Card Number) itu sendiri adalah nomor kartu virtual terdiri dari 16 angka (digit). VCN dapat diperoleh melalui SMS dari sistem BNI ke nomor handphone nasabah pemegang BNI kartu debit yang sudah melakukan registrasi dan aktivasi fitur BNI SMS Banking (transaksi financial / non financial).

Nomor VCN yang diperoleh selanjutnya hanya sebanyak satu kali transaksi dan akan kadaluarsa selama 1 jam. Jika hendak melakukan transaksi lain maka harus request lagi. Begitu juga ketika nomor VCN kadaluarsa, maka diharuskan request ulang nomor VCN.

BNI Debit Online / VCN bisa digunakan di merchant online berlogo MasterCard mana saja di seluruh dunia yang menerima pembayaran jaringan MasterCard.

Kelebihan VCN dibandingkan dengan menggunakan kartu kredit / credi card adalah Saat transaksi e-commerce (online) risiko terkena cyber fraud lebih kecil, karena nomor kartu asli terjaga kerahasiaannya karena nasabah tidak memberikan nomor kartu asli kepada merchant saat bertransaksi.

Kelebihan lain VCN adalah kita bisa memberikan nomor VCN kepada orang lain bila membutuhkan. Namun perlu diingat, saldo yang terpotong adalah milik nasabah yang melakukan request nomor VCN.

Dikarenakan transaksi yang terjadi dengan menggunakan VCN tidak ada transaksi hutang, boleh dibilang VCN merupakan gabungan antara ATM dengan fungsionalitas kartu kredit dimana untuk transaksi online cukup memasukkan nomor kartu VCN, bulan / tahun,dan memasukkan kode CVC2.

Persyaratan BNI Debit Online
a) Memiliki rekening tabungan/giro BNI Syariah atau untuk BNI bisa salah satu dari dibawah ini:
  • BNI Taplus
  • BNI Taplus Bisnis
  • BNI Taplus Muda
  • BNI Emerald Saving
  • BNI Giro Perorangan
b) Telah melakukan registrasi dan aktivasi BNI SMS Banking (transaksi Non Financial & Financial) dengan kartu debit BNI berlogo MasterCard serta nomor handphone dimana nomor tersebut telah terdaftar di BNI.

Perlu diingat, jika nasabah baru atau baru saja mengaktifkan BNI SMS Banking, maka ada kemungkinan request VCN akan gagal. Request VCN kedepannya juga bisa dilakukan melalui menggunakan akses internet seperti BNI Internet Banking dan BNI Mobile.

Cara Mendapatkan VCN
a) BNI SMS Banking dengan Syntax
  1. Ketik REQ VCN <nominal> dan kirim ke 3346. Contaoh: REQ VCN 50000
  2. Kemudian oleh BNI akan mengirim balasan dimana isi balasan tersebut adalah perintah mengetik 2 digit secara acak sesuai nomor PIN BNI SMS Banking yang kita miliki.
  3. BNI kemudian mengirim balasan kembali berupa Nomor Kartu Virtual (VCN) yang terdiri dari 16 digit, valid thru (bulan / tahun), dan 3 digit nomor CVC2.

Proses VCN Virtual Card Number BNI Debit Online
Proses BNI SMS Banking dengan Syntax
b). BNI SMS Banking dengan BNI USSD (Akses *141#)
  • Provider Telkomsel    : *141*1#
  • Provider Indosat & XL    : *141*2#
Setelah melakukan langkah diatas sesuai dengan provider, berikut urutan langkah untuk Request VCN sesuai yang dijabarkan oleh pihak BNI:
  1. Pilih menu e-Commerce -> Ketik 6
  2. Pilih menu e-Payment -> Ketik 1
  3. Pilih menu BNI Debit Online (VCN) -> Ketik 1
  4. Masukkan angka nominal BNI Debit Online (VCN) tanpa disertai Rp, koma, atau titik.
  5. Masukkan 2 digit PIN BNI SMS Banking Anda
  6. Notifikasi SMS akan dikirimkan oleh BNI.
Perlu diingat, saat request kode VCN, saldo kita belum terpotong oleh jumlah nominal yang ditulis, hanya dikenakan biaya SMS. Pemotongan saldo dilakukan saat transaksi sukses dilakukan dan tidak ada pemotongan ketika transaksi gagal.

Tulisan ini dipublikasikan di lantakanemas.com dengan judul BNI Debit Online dengan MasterCard VCN Sebagai Alternatif Kartu Kredit.
Situs kami dapat bertahan dengan adanya iklan yang tayang.
Mohon matikan ad blocker Anda untuk membantu biaya operasional kami.
Kontak Tentang Made with by KAK Labs