Setelah Pelemahan Rupiah, Sanggupkah Isu Suriah dan Stimulus Ekonomi Angkat Harga Emas?

  • Kategori:
Adanya potensi bahwa militer Amerika akan menyerang Suriah dan adanya kemungkinan the Fed akan mengurangi program stimulus ekonominya telah sukses mempengaruhi harga emas dunia setelah selama Agustus tercatat harga emas naik 5,9 persen dan di Indonesia sendiri harga emas telah melonjak tajam karena adanya pelemahan mata uang Rupiah terhadap dollar Amerika.

Pada periode 02 - 06 September 2013 harga emas ditutup menguat pada level $1388-an per ounce setelah melemah turun dibawah $1400 per ounce dna menyentuh level $1359-an per ounce.

Para analis menyatakan, bahwa isu Suriah dan pengurangan stimulus ekonomi the Fed telah menimbulkan ketidakpastian. Apalagi ditambah dari pihak Rusia yang menyatakan akan "membantu" Suriah apabila diserang oleh Amerika dan hal ini secara tidak langsung Rusia telah memberi sinyal agar Amerika tidak menyerang Suriah.

Kongres Amerika akan pulang dari liburan musim panas dan keputusan penyerangan Suriah akan ditetapkan saat kongres Amerika aktif kembali. berdasarkan Kitco, pada hari Jumat kemarin presiden Rusia menyatakan akan "membantu" Suriah dan telah membuat ketegangan antar negara tersebut semakin tinggi.

Stimulus ekonomi merupakan faktor utama yang menyebabkan harga emas dunia naik dalam beberapa tahun terakhir ini dan sebagai logam mulia yang digunakan untuk melawan inflasi dan ketidakpastian ekonomi.

Harga logam mulia emas dunia mencapai level tertingginya pada 06 September 2011 dua tahun lalu. Namun secara year-to-date, harga emas dunia telah turun sebanyak 17 persen.

Selain isu Suriah dan pengurangan stimulus the Fed, berdasarkan Kitco harga emas dapat naik mengingat adanya perintaan fisik emas di Asia, terutama di India yang siap mendongkrak harga emas.

Dalam Kitco News Gold Survey dari 36 participants, 20 memberikan respon. Dari 20 responder tersebut, 13 menyatakan harga emas akan naik, enam responder menyatakan harga emas akan turun dan seorang menyatakan netral partisipan terdiri dari bullion dealers, investment banks, futures traders, money managers dan technical-chart analysts.

Tulisan ini dipublikasikan di lantakanemas.com dengan judul Setelah Pelemahan Rupiah, Sanggupkah Isu Suriah dan Stimulus Ekonomi Angkat Harga Emas?.