Naik 5 Persen, Emas Mengalami Kenaikan Mingguan Terbesar

  • Kategori:
Harga emas dunia ditutup hampir 1 persen pada hari Jumat 16 Agustus 2013. Secara keseluruhan logam mulia emas telah naik sekitar 5 persen dalam minggu ini dan ditutup di level $1376-an per ounce.

Hal ini merupakan kenaikan mingguan terbesar harga emas dunia dalam lima minggu. Data ekonomi Amerika yang mengecewakan dan krisis Mesir merupakan sebab utama.

Harga perak dunia sendiri juga mengalami kenaikan sebesar 1,5 persen dan dalam minggu ini telah naik sebesar 14 persen seperti dikutip dari Reuters. Kenaikan ini merupakan kenaikan terbesar dalam lima tahun. Harga perak ditutup pada level $23-an per ounce.

Sempat berada dibawah level $1360-an per ounce, logam mulia emas sepertinya mulai naik kembali setelah data ekonomi Amerika, seperti consumer confidence dan residential construction, berada pada posisi yang mengecewakan. Selain itu, adanya permintaan emas sebagai safe-haven karena krisis Mesir juga ikut mempengaruhi harga emas.

Lalu berdasarkan Kitco News Gold Survey, dari 36 partisipan dan 25 orang yang merespon. Dari 25 partisipan tersebut, 21 partisipan melihat harga emas kemungkinan besar naik untuk peride 19 - 23 Agustus, dua orang menyatakan turun dan dua orang lainnya menyatakan netral. Partisipan diikuti oleh bullion dealer, investment bank, future traders, money manager dan technical-chart analysis.Tulisan ini dipublikasikan di lantakanemas.com dengan judul Naik 5 Persen, Emas Mengalami Kenaikan Mingguan Terbesar.