Mei 2013 Harga Emas Dunia Turun 5,8 Persen

  • Kategori:
Akhir bulan Mei 2013 harga logam mulia emas dunia ditutup turun dan berada di level $1380-an per ounce. Sepanjang 2013 per Mei 2013, total harga emas telah mengalami penurunan sebanyak 16,8%.

Harga emas dunia ditutup turun hampir 2 persen setelah data menunjukkan rendahnya inflasi dan naiknya tingkat kepercayaan konsumen, seperti dikutip dari Reuters.
gambar harga emas dunia, logam mulia, dan investasi emas

Sebelumnya harga emas logam mulia sempat naik tajam hampir 3 persen terkait data pertumbuhan dan tingkat pengangguran di Amerika yang menyebabkan adanya harapan The Fed tetap melanjutkan kebijakan stimulus ekonomi dengan Quantitative Easing. Namun pada hari terakhir Mei 2013 harga jual emas ditutup menurun pada level $1380-an per ounce.

Sepanjang bulan Mei 2013 sendiri harga emas telah turun sebanyak 5,8 persen. Hal ini merupakan penurunan bulanan harga emas tersebesar setelah bulan April 2013 yang sebelumnya juga turun sebanyak 7 persen.

Meskipun begitu, rendahnya harga emas ini telah membuat pembelian fisik emas tetap tinggi sejak pertengahan April 2013.

Lalu pada minggu pertama Juni 2013, harga emas dunia selain melihat pergerakan mata uang Dollar AS, juga akan dirilis informasi penting lainnya yaitu monthly jobs report.

Pasar keuangan secara umum juga sedang bersiap menghadapi kebijakan The Federal Reserve dimana ada kemungkinan The Fed akan menghentikan kebijakan Quantitative Easing melihat kondisi saat ini.Tulisan ini dipublikasikan di lantakanemas.com dengan judul Mei 2013 Harga Emas Dunia Turun 5,8 Persen.