Pembicaraan Jurang Fiskal Masih Belum Mencapai Titik Temu

Gambar uang kertas koin dan pulpen

Pada perdagangan minggu lalu 17 - 21 Desember 2012, ditengah pembicaraan mengenai “Jurang Fiskal” (Fiscal Cliff), emas mengalami penjualan besar - besaran hingga turun sebesar 2,4 persen dan sempat menyentuh level $1630-an per ounce. Berdasarkan Reuters, penurunan ini merupakan penurunan mingguan tertinggi sejak 24 Juni.

Minggu terakhir ini terjadi sedikit terjadi perdagangan emas mengingat adanya hari libur Natal dimana dibeberapa negara libur dimulai tanggal 24 Desember termasuk di Indonesia khususnya di Antam. Perdagangan seperti biasa akan terjadi pada hari Rabu 26 Desember 2012.

Pada minggu terakhir perdagangan ini, fokus masih berada pada pembicaraan Jurang Fiskal yang tengah berlangsung. Berdasarkan pengamatan sampai dengan 24 Desember 2012, pembicaraan mengenai Jurang Fiskal belum menemui titik temu. Jurang Fiskal / Fiscal Cliff adalah kombinasi kenaikan pajak dan pemotongan anggaran yang akan terjadi pada tahun depan, kecuali anggota kongres bertindak untuk mencegahnya.

Meskipun sedang terjadi penurunan dalam beberapa hari terakhir ini, secara tahunan harga emas masih mengalami penguatan diatas 3% sepanjang 2012. Sedangkan per 24 Desember 2012, harga emas bergerak datar menjelang Natal dan berada pada level $1662-an per ounce. Sedangkan untuk Survei Emas Kitco mengenai prediksi harga emas pada minggu ini, sebanyak 63.1% menyatakan harga emas akan naik, 15.8% turun, dan 21.1% netral.

Tulisan ini dipublikasikan di lantakanemas.com dengan judul Pembicaraan Jurang Fiskal Masih Belum Mencapai Titik Temu.