Deadlock Mengenai Fiscal Cliff Picu Emas Bergerak Turun

Gambar tanda panah turun

Pergerakan harga emas per kemarin 03 Desember 2012 hingga hari ini 04 Desember 2012 terus mengalami penurunan dan puncaknya hingga menyentuh level $1698-an per ounce walaupun sempat menguat sebesar 0,3% ke level $1720-an per ounce yang disebabkan adanya laporan data mengenai pertumbuhan di Cina.

Berdasarkan Reuters, penyebab awal turunnya harga emas adalah adanya deadlock antara pemerintah Presiden Obama dan anggota kongress di Amerika mengenai Fiscal Cliff. Anggota kongres mengajukan pemotongan belanja, namun tidak memberikan keputusan mengenai permintaan Presiden Barack Obama untuk menaikkan pajak orang kaya.

Sejak saat itulah emas terus bergerak turun hingga level $1710-an per ounce dan pada akhirnya menyentuh level $1705-an per ounce. Hal tersebut menyebabkan trader melakukan aksi stop-loss dan membuat harga emas logam mulia menyentuh level $1698-an per ounce.

Meskipun begitu, masih berdasarkan Reuters, adanya aksi untuk terus melakukan pelonggaran kebijakan ekonomi dari Bank di seluruh dunia akan terus menaikkan harga emas sebagai pelindung terhadap inflasi dikarenakan aksi pencetakan uang oleh bank.

Tulisan ini dipublikasikan di lantakanemas.com dengan judul Deadlock Mengenai Fiscal Cliff Picu Emas Bergerak Turun.