Serangan Israel Ke Gaza, Menaikkan Harga Emas

Gambar Konflik

Selain dikarenakan turunnya mata uang Dollar AS, semenjak penyerangan Israel ke Gaza yang intensitasnya meningkat harga emas mengalami penguatan siginifikan hingga naik kembali ke level $1730-an per ounce setelah sempat menyentuh level $1710-an per ounce.

Penyerangan besar - besaran Israel ke Gaza dengan tujuan melawan Hamas dengan baik darat ataupun udara telah membawa korban orang - orang sipil hingga membuat bayi berumur 11 bulan juga meninggal. Berdasarkan Kitco, penyerangan terhadap Gaza oleh Israle dapat berpengaruh terhadap Mesir dan Iran dimana tensi peperangan akan naik semakin meningkat dan meningkatkan permintaan emas sebagai safe-haven.

Disisi lain, pada hari selasa waktu setempat Zona Eropa akan melakukan pertemuan terkait dengan dana talangan dan hutang Yunani. Jika pada pertemuan ini pejabat Uni Eropa memutuskan dihapuskannya hutang Yunani, maka akan membuat negara - negara lain yang terlilit hutang juga meminta dihapuskan hutangnya. Secara keseluruhan hutang Uni Eropa masih menjadi ketidakpastian dan kekhawatiran utama saat ini.

Kenapa Baru Sekarang Israel Menyerang Gaza?

Berdasarkan Washington’s Blog, telah banyak informasi beredar bahwa Israel setuju bahwa akan menunda penyerangan ke Gaza setelah pemilu presiden di Amerika selesai. Beberapa hari setelah pemilu presiden di Amerika, Israel langsung memburu buronan mereka selama ini yaitu Ahmed Jabari yang merupakan pemimpin Hamas. Hal inilah yang menyulut peperangan Antara Israel dan Palestina.

Penyerangan Israel ke Gaza ini juga didukung oleh Amerika. Berdasarkan The Guardian, Ahmed Jabari juga merupakan buronan yang sama dengan Israel. Tensi peperangan meningkat, baik Israel ataupun Hamas bertukar serangan roket yang menyebabkan korban anak - anak dikedua belah pihak. Ditambah adanya rencana Israel melakukan serangan darat dengan menggunakan 75.000 tentara cadangannya, tensi peperangan semakin tinggi.

Pada bulan Januari 2013, Israel juga akan melakukan pemilu. Banyak komentator berpendapat bahwa penyerangan ke Gaza ini merupakan cara agar Perdana Menteri saat ini terpilih kembali seperti dikutip dari harian Spiegel.

Israeli Prime Minister Benjamin Netanyahu is hoping the offensive in the Gaza Strip wins his Likud party more votes in January’s election.

Tulisan ini dipublikasikan di lantakanemas.com dengan judul Serangan Israel Ke Gaza, Menaikkan Harga Emas.
Situs kami dapat bertahan dengan adanya iklan yang tayang.
Mohon matikan ad blocker Anda untuk membantu biaya operasional kami.