Harga Logam Mulia Stagnan, Fokus Berada Timur-Tengah dan Eropa

Gambar tanda panah arah fokus

Harga emas hari ini sedikit mengalami kenaikan sedikit cenderung stagnan dan dibandingkan dengan harga emas kemarin berada pada level $1720 - $1730-an per ounce.

Berdasarkan Reuters, pengaruh pergerakan harga emas saat ini adalah adanya permintaan emas yang tinggi mengingat masih tingginya ketegangan Israel - Palestina walaupun telah ada genjatan senjata serta adanya kekhawatiran resesi ekonomi di Eropa dan Amerika.

Setelah adanya genjatan senjata antara Israel dan Palestina yang diperantarai oleh Mesir, harga emas logam mulia sempat mengalami penurunan ke level $1710-an per ounce dan akhirnya kembali meningkat ke level $1730-an per ounce. Namun meskipun begitu, para pedagang dan investor masih tetap mengamati situasi antara Israel dan Palestina dimana bisa saja genjatan senjata berhenti dan peperangan pecah kembali. Berdasarkan Kitco, jika peperangan antara Israel - Palestina semakin hari terus memanas, hal ini dapat menyebabkan naiknya harga minyak dan juga berimbas pada harga emas karena tingginya permintaan logam mulia emas sebagai safe-haven jika situasi tak menentu.

Disisi Eropa, pertemuan yang dilakukan oleh petinggi Uni Eropa di Brussels gagal mencapai kesepakatan mengenai dana talangan untuk Yunani dan pertemuan akan dilanjutkan pada hari senin depan. Banyak kalangan menilai dengan tidak terjadinya kesepakatan, akan menambah ketidakpastian Uni Eropa. Saat ini Uni Eropa sedang pada masa paling sulit dan tidak memiliki banyak pilihan cara untuk mempertahankan negara yang mengalami kesulitan keuangan tetap berada dalam Uni Eropa.

Tulisan ini dipublikasikan di lantakanemas.com dengan judul Harga Logam Mulia Stagnan, Fokus Berada Timur-Tengah dan Eropa.
Situs kami dapat bertahan dengan adanya iklan yang tayang.
Mohon matikan ad blocker Anda untuk membantu biaya operasional kami.