Aksi Ambil Untung & Penguatan Dollar AS, Emas Turun

Gambar tanda panah turun

Harga emas logam mulia mengalami penurunan yang cukup dalam dan berada pada level $1740-an per ounce setelah adanya aksi ambil untung dengan jual emas dan menguatnya mata uang Dollar AS seperti dikutip dari Kitco.

Setelah sebelumnya fokus berada pada Yunani, fokus saat ini berada di Amerika terkait negosiasi antara kongres dan pemerintah Obama mengenai peningkatan pajak dan pemotongan belanja atau dikenal sebagai Fiscal Cliff. Berdasarkan Reuters, Presiden Barack Obama pada hari Selasa waktu setempat meluncurkan Public Relation untuk mendorong upayanya menaikkan pajak orang kaya di Amerika, namun hal tersebut menemui jalan buntu dengan parlemen Amerika.

Disisi lain, pemerintah Yunani dan pasar finansial sedang mengalami euforia pada hari Selasa setelah adanya kesepakatan antara Menteri Keuangan Zona Eropa dan Dana Moneter Internasional untuk mengurangi utang Yunani dan dimana hal ini juga membuka jalan untuk pencarian hutang yang sangat dibutuhkan oleh Yunani.

Disisi Timur Tengah, setelah sebelumnya Israel - Palestina, tensi meningkat di Mesir. Penyebabnya adalah presiden Mesir mengangkat dirinya sendiri untuk memiliki kekuasaan yang lebih besar dari sebelumnya. Hal ini tidak disukai oleh warga Mesir dan unjuk rasa terjadi. Jika situasi ini semakin memburuk, hal ini dapat mempengaruhi harga logam mulia emas.

Tulisan ini dipublikasikan di lantakanemas.com dengan judul Aksi Ambil Untung & Penguatan Dollar AS, Emas Turun.