Prediksi Harga Emas per 28 September 2012

Gambar survei prediksi harga emas dunia per 28 September 2012

Harga emas menemukan dukungan dari sangat longgarnya kebijakan moneter dan meningkatnya masalah utang Eropa dan ini bisa memberikan kekuatan logam mulia emas lebih lanjut pada minggu pertama bulan Oktober 2012 ini.

Berdasarkan Kitco News Gold Survey, dari 33 partisipan yang mengikuti survei emas, 24 memberikan jawaban. Dari 24 responden tersebut, 20 orang menyatakan harga kaan turun, dua orang melihat harga turun dan dua orang sisanya lagi menyatakan netral. Partisipan dari survei terdiri dari bullion dealers, investment banks, futures traders, money managers dan technical-chart analysts. Dibandingkan survei harga emas minggu lalu, survei kali ini diatas 80 persen menyatakan akan naik.

Beberapa partisipan yang menyatakan harga naik mengatakan bahwa emas akan naik karena faktor - faktor adanya QEF (Quantitative Easing Forever), adanya masalah di Afrika Selatan terutama dibidang tambang, masalah utang Eropa, dan adanya aksi lebih lanjut dari PBOC (People’s Bank of Cina. Diprediksi harga logam mulia emas akan naik hingga $2000 per ounce pada akhir tahun ini.

Tidak semua melihat harga emas logam mulia di pasaran akan naik. Beberapa melihat harga emas dunia akan turun karena adanya aksi ambil untung. Bagi yang netral menyatakan emas akan berkisar pada level yang ada sekarang ini.

Tulisan ini dipublikasikan di lantakanemas.com dengan judul Prediksi Harga Emas per 28 September 2012.