Pengertian PT. Aneka Tambang - Antam

Logo Aneka Tambang - Antam

PT Aneka Tambang tbk atau Antam adalah perusahaan pertambangan yang memiliki beberapa unit usaha berorientasi untuk ekspor. Wilayah operasi Antam tersebar di seluruh Indonesia dimana kegiatan PT Antam mencakup eksplorasi, penambangan, pengolahan serta pemasaran sumber daya mineral yang dimiliki.

PT Antam memiliki konsumen jangka panjang yang loyal mencakup Eropa dan Asia. Mengingat luasnya lahan konsesi pertambangan dan besarnya jumlah cadangan serta sumber daya yang dimiliki Indonesia, PT Antam bermitra dengan mitra internasional untuk dapat memanfaatkan cadangan mineral yang ada menjadi tambang yang menghasilkan keuntungan.

Mengenai arus kas PT. Antam, PT. Antam memiliki manajemen keuangan yang yang solid untuk mengatur arus kas PT. Antam yang solid. PT. Antam didirikan sebagai Badan Usaha Milik Negara pada tahun 1968 melalui merger beberapa perusahaan pertambangan nasional yang memproduksi komoditas tunggal.

Untuk mendukung pendanaan proyek ekspansi feronikel, pada tahun 1997 PT. Antam menawarkan 35% sahamnya ke publik dan mencatatkannya di Bursa Efek Indonesia. Pada tahun 1999, PT. Antam mencatatkan sahamnya di Australia dengan status foreign exempt entity dan pada tahun 2002 status ini ditingkatkan menjadi ASX Listing yang memiliki ketentuan lebih ketat.

Tujuan perusahaan PT Antam saat ini adalah berfokus pada peningkatan nilai pemegang saham. Hal ini dilakukan dengan cara melakukan penurunan biaya seiring usaha bertumbuh guna menciptakan keuntungan yang berkelanjutan.

Sedangkan strategi perusahaan Antam adalah berfokus pada komoditas inti seperti emas, nikel, dan bauksit serta melakukan peningkatan output produksi untuk meningkatkan pendapatan serta menurunkan biaya per unit.

PT. Antam berencana untuk mempertahankan pertumbuhan melalui proyek ekspansi terpercaya, aliansi strategis, peningkatan kualitas cadangan, serta peningkatan nilai melalui pengembangan bisnis hilir. PT. Antam memastikan akan memiliki dana yang cukup untuk memenuhi kewajiban, mendanai pertumbuhan, dan membayar dividen.

Sebagai perusahaan pertambangan, PT Antam menyadari bahwa kegiatan operasi tambang perusahaan memiliki dampak secara langsung terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar dikarenakan sebagian besar barang tambang ada dibawah tanah.

Perusahaan menyadari bahwa aspek lingkungan hidup dan khususnya pengembangan masyarakat tidak sekedar tanggung jawab sosial tetapi merupakan bagian dari risiko perusahaan yang harus dikelola dengan baik. Karakteristik industri pertambangan di Indonesia sebagai industri pembuka daerah tertinggal dan terisolir juga menjadikan peran perusahaan tambang untuk berperan aktif dalam pengembangan masyarakat sekitar dan beroperasi sebagai good corporate citizen sangat penting.

Hal ini akan berperan penting dalam menurunkan risiko adanya gangguan terhadap operasi perusahaan dikarenakan ketidakpuasan masyarakat sekitar. Beranjak dari konsep ini, maka perhatian yang mendalam terhadap upaya pelestarian lingkungan serta partisipasi secara proaktif dalam pengembangan masyarakat merupakan salah satu kunci kesuksesan kegiatan pertambangan.

Kontak dan alamat perusahaan Aneka Tambang atau PT ANTAM (Persero) Tbk

  • Alamat: Gedung Aneka Tambang, Jl. Letjen TB Simatupang No. 1 Lingkar Selatan, Tanjung Barat Jakarta 12530, Indonesia
  • Telepon: (62-21) 789 1234
  • Fax: (62-21) 789 1224
  • Email: corsec@antam.com
Tulisan ini dipublikasikan di lantakanemas.com dengan judul Pengertian PT. Aneka Tambang - Antam.