Harga Emas Dunia Pekan Ini Naik 4,67 Persen

  • Kategori:
Harga emas terus naik sepanjang sepekan lalu sebesar 4,67% dan ditutup di level $1.280,30 per ounce seperti dikutip dari Kitco.

Kenaikan tersebut merupakan kenaikan dalam sepekan yang terbesar dalam 18 bulan terakhir.

Harga emas dunia naik karena adanya kekhawatiran pasar terkait ekonomi global khususnya Eropa terutama terkait dengan kebijakan mengejutkan dari Bank National Swiss (SNB).

Berdasarkan Kontan, SNB mengumumkan dua kebijakan baru, yaitu mencabut batas bawah nilai tukar franc 1,2 per euro dan menurunkan bunga simpanan dari minus 0,25% menjadi minus 0,75%.

Bloomberg mencatat, ketertarikan terhadap permintaan emas per 15 Januari meloncat 5,6%. Angka ini merupakan angka tertinggi sejak Oktober 2009.

Bank sentral Eropa (ECB) juga akan mengumumkan keputusan perluasan stimulus dan diduga akan mengambil kebijakan quantitative easing (QE).

Sementara itu, faktor lainnya yang sedikit banyak mempengaruhi harga emas saat ini adalah harga minyak saat ini terus menenggelamkan prospek inflasi global serta Bank sentral Amerika Serikat Federal Reserve berjanji tidak akan menaikkan bunga acuan sampai akhir April 2015 dan kian dekatnya Imlek dimana diharapkan adanya kenaikan permintaan emas terjadi di Cina.

Di dalam negeri, harga emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) per hari Jumat 16 Januari 2015 logam mulia pecahan 1 gram naik 2,22% menjadi Rp 553.000. Dalam sepekan, emas Antam naik 2,98% dari posisi Jumat sebelumnya Rp 537.000 per gram.Tulisan ini dipublikasikan di lantakanemas.com dengan judul Harga Emas Dunia Pekan Ini Naik 4,67 Persen.