Harga Emas Dunia Kembali Bergairah

  • Kategori:
Harga emas dunia naik sebesar 2,9 persen mencapai US$ 1.238,10 per ounce atau naik sekitar 2,1 persen seperti dikutip dari Reuters, Rabu (10/12/2014).

Harga emas naik dunia hampir 3 persen dan berada di posisi tertinggi sejak akhir Oktober 2014. Harga emas dalam negeri Indonesia, khususnya harga emas Antam naik hingga 10 ribu rupiah per satu gram.

Hal ini dikarenakan investor mulai berhati-hati atas kebijakan The Federal Reserve AS yang mendorong penurunan mata uang dolar amerika. Salah satu kebijakannya adalah mempertahankan suku bunga mendekati nol untuk "waktu yang cukup".

Mata uang Yen Jepang, menjadi pemicu penurunan dalam dolar AS, jatuh sebesar 1,1 persen terhadap beberapa mata uang. Penurunan ini merupakan yang terbesar dalam satu hari terhadap yen dalam delapan bulan.

Melemahnya mata uang dollar amerika ini dan adanya keengganan investor terhadap risiko meningkatkan daya tarik emas sebagai alternatif investasi.

Harga emas dunia selanjutnya pada waktu dekat akan tergantung pada nilai mata uang dolar amerika dan jangka waktu dari langkah The Fed untuk menaikkan suku bunga.

Tingkat yang lebih tinggi akan menurunkan permintaan emas. Harga emas fisik sendiri di konsumen China merosot 50 sen per ounce.Tulisan ini dipublikasikan di lantakanemas.com dengan judul Harga Emas Dunia Kembali Bergairah.