Emas Stagnan, Isu Manipulasi Harga Emas Mencuat

Gambar konspirasi manipulasi harga emas

Harga emas logam mulia kembali menguat dengan naiknya permintaan beli emas saat harga emas kemarin turun. Harga emas yang sempat menyentuh level $1710-an per ounce, kembali menguat dan stagnan di level $1720-an per ounce.

Isu mengenai harga emas dimanipulasi kembali mencuat. Harga emas logam mulia kemungkinan besar sedang mengalami manipulasi (lagi) setelah kemarin yang hanya disebabkan satu orang saja bisa mempengaruhi harga logam mulia emas turun diatas $30 per ounce.

Saat ini fokus masih pada pembicaraan antara pemerintah Presiden Amerika Barack Obama dan anggota Kongres mengenai kenaikan pajak dan pemotongan anggaran belanja atau dikenal sebagai Fiscal Cliff. Berdasarkan Reuters, para analis belum mengetahui dampak Fiscal Cliff terhadap harga emas.

Sementara itu di Timur Tengah, kerusuhan politik Mesir terus membara terkait dengan keputusan Presiden Mesir yang menaikkan sendiri luas kekuasaannya dan Iran terus mengembangkan program pengayaan nuklirnya berdasarkan laporan PBB seperti dikutip dari Kitco. Harga minyak dan harga emas sedikit banyak terpengaruh situasi di Timur Tengah.

Tulisan ini dipublikasikan di lantakanemas.com dengan judul Emas Stagnan, Isu Manipulasi Harga Emas Mencuat.