Cara Investasi Emas

Grafik pergerakan harga emas logam mulia dunia tahun 1995 - 2012

Cara investasi emas disini adalah untuk mendapatkan untuk fokus menghasilkan keuntungan berupa Rupiah saat menjualnya. Seperti kita tahu emas dapat dibeli mulai dari ratusan ribu rupiah sehingga cocok bagi siapapun asal memiliki dana yang cukup.

Sebelum membahas bagaimana investasi emas, alangkah baiknya tahu kelebihan dan kekurangan emas terlebih dahulu baik dalam bentuk emas batangan, koin, dinar / dirham ataupun perhiasan.

Kelebihan Emas

Ada dua hal kelebihan emas, yaitu anti krisis dan inflasi serta memiliki bentuk fisik.

Anti krisis dan inflasi

Ketika inflasi harga emas justru melambung. harga barang - barang naik, emas juga naik dan ketika rupiah melemah emas justru naik.

Memiliki Bentuk Fisik

Emas memiliki bentuk fisik sehingga dapat digadaikan atau dapat dijadikan jaminan untuk modal usaha Kekurangan Emas. Oleh sebab itu sangat disarankan jika membeli emas harus memegang fisiknya, selain alasan yang telah disebutkan, juga karena emas di dunia stoknya terbatas.

Kekurangan Emas

Kadangkala terasa tidak praktis karena harus menjual dalam bentuk fisik. Disarankan memiliki tempat penyimpanan khusus seperti brankas. Walaupun hal ini dapat disiasati dengan memiliki safe deposit box di bank, namun harus membayar per tahun sekitar Rp. 250.000.

Cara Investasi Emas

Cara investasi emas ada dua cara, yaitu beli saat murah dan jual saat tinggi serta melakukan beli, gadai, beli lagi.

Beli Emas Saat Murah Jual Saat Harga Emas Naik Lebih Tinggi

Tips investasi emas batangan logam mulia model ini adalah disarankan dijual saat telah melewati setahun karena jika sudah setahun berdasarkan data, harga emas akan naik melebihi harga saat kita membeli logam mulia emas.

Jika mengincar keuntungan dalam tahun yang sama, maka belilah pada bulan Maret dan jual pada bulan September. Berdasarkan data, bulan Maret merupakan bulan dimana kenaikannya paling buruk bahkan cenderung turun, sedangkan bulan September adalah bulan dimana logam mulia emas naik paling tinggi.

Sedangkan jika menggunakan dinar emas biasanya kurang dari setahun bisa untung lebih besar dibanding emas batangan logam mulia.

Beli Emas - Gadai - Beli Emas Lagi

Strategi ini sering disebut sebagai kebun emas dan sempat menjadi perdebatan mengenai kehalalannya karena melakukan spekulasi harga dan uang tidak berputar untuk umat. Saat ini gadai emas telah diatur Bank Indonesia dan tidak dapat melakukan gadai-beli secara bebas berkali-kali. Disarankan saat melakukan gadai saat harga emas tinggi dan beli disaat harga emas sedang turun.

Tulisan ini dipublikasikan di lantakanemas.com dengan judul Cara Investasi Emas.