Usai Lebaran 2021 Harga Emas Naik

Gambar emas dan token bitcoin

Usai libur panjang lebaran 2021 dari 17 Mei 2021 hingga 22 Mei 2021 Harga emas Antam naik signifikan diatas 20 ribu rupiah per gram padahal disaat yang sama harga saham, rupiah dan aset kripto sedang ambruk.

Berdasarkan CNBC Indonesia, mata uang kripto Bitcoin sudah turun lebih dari 19%. Elon Musk sang bos Tesla Inc dikaitkan dengan rontoknya harga aset kripto.

Dalam penampilannya di sebuah acara Saturday Night Live (SNL) Elon memberikan pernyataan kontroversial. Elon yang dulunya mengelu-elukan Bitcoin mengatakan bahwa Tesla tak akan lagi menggunakan Bitcoin sebagai salah satu media pembayaran karena permasalahan lingkungan.

Berkebalikan dengan aset kripto seperti Bitcoin dan Doge, harga emas dunia justru mengalami kenaikan signifikan. Faktor Kenaikan harga emas ini tak lepas dari tren pelemahan dolar AS dan ancaman inflasi yang tinggi.

Perubahan harga emas dunia ini mempengaruhi harga emas Antam dimana dalam seminggu Antam mengalami kenaikan harga emas per gram sebesar 10 ribu rupiah sudah dua kali dan berdasarkan daftar harga emas pada Catetin selisih kenaikan harga emas 17 Mei 2021 dan 22 Mei 2021 adalah 21 ribu rupiah.

Dikutip dari CNBC Indonesia, secara historis emas memang pernah dijadikan sebagai nilai tukar seperti mata uang fiat zaman sekarang. Namun bedanya bank sentral tak bisa mencetak emas layaknya mencetak uang sehingga membuat pasokannya membludak dan memicu inflasi.

Produksi emas yang cenderung stabil dari waktu ke waktu dan sejarahnya yang panjang membuat emas cocok digunakan sebagai aset untuk lindung nilai (hedging). Meskipun tergolong aset tradisional, tetapi ketahanan emas terhadap inflasi sudah teruji lama.

Tulisan ini dipublikasikan di lantakanemas.com dengan judul Usai Lebaran 2021 Harga Emas Naik.
Situs kami dapat bertahan dengan adanya iklan yang tayang.
Mohon matikan ad blocker Anda untuk membantu biaya operasional kami.