Apakah Benar Harga Emas Terkait Dengan Dolar Amerika?

Dolar vs harga emas

Berdasarkan Yahoo Finance, ada kaitan antara kenaikan harga emas dan nilai kurs dolar Amerika.

Jika nilai dolar turun, investor mencari alternatif dengan membeli emas. Alhasil permintaan naik terhadap emas naik dan harga emas juga menjadi naik.

Begitu juga sebaliknya, ketika nilai tukar mata uang dolar naik, maka permintaan terhadap emas turun dan harga emas juga menjadi turun.

Namun hal tersebut terjadi beberapa tahun lalu. Berdasarkan pengamatan pribadi beberapa tahun terakhir, harga emas Antam sepertinya tidak cuma terkait secara langsung dengan harga dollar saat ini.

Walaupun dollar Amerika ke rupiah naik pada tahun 2018 ini dan sempat tembus lima belas ribu rupiah, namun tidak membuat harga emas Antam naik secara signifikan.

Grafik harga emas Antam bulan Oktober 2018

Selain melihat nilai tukar mata uang dollar ke rupiah, harga emas Antam sepertinya melihat juga melihat harga emas dunia dan permintaan terhadap emas.

Hal ini dapat dilihat pada grafik harga jual emas Antam, meski mata uang dolar belakangan naik terus terhadap rupiah, ada saat harga emas justru turun walaupun jika dilihat jangka panjang harga emas mengalami kenaikan dalam setahun terakhir.

Akhir kata, hasil analisa ini bisa jadi salah bisa jadi benar karena berdasarkan pengamatan pribadi yang bisa jadi ada data yang kurang.

Namun meskipun begitu, harga emas belakangan sedang terus merangkak naik. Waktu yang tepat untuk menjual emas bagi yang telah membeli emas Antam 1,5 tahun lalu atau lebih lama.

Tulisan ini dipublikasikan di lantakanemas.com dengan judul Apakah Benar Harga Emas Terkait Dengan Dolar Amerika?.
Situs kami dapat bertahan dengan adanya iklan yang tayang.
Mohon matikan ad blocker Anda untuk membantu biaya operasional kami.
Kontak Tentang Made with by KAK Labs