Perbedaan Emas Antam Model Lama dan Model Baru

Pada tanggal 5 Mei 2011 bertepatan saat acara Jakarta International Jewelry Fair di gedung Kartika Expo Center di Balai Kartini Jakarta, Antam meluncurkan emas model baru.

Ada dua ciri utama emas model baru ini, yaitu model emas batangan Logam Mulia yang berdiri dan terdapat security mark pada fisik emas. Sedangkan disisi sertifikat tidak berbeda jauh antara model lama dan model baru.

1. Bentuk Emas Logam Mulia Model Baru

Model Emas Logam Mulia yang baru biasanya sertifikat keluaran diatas bulan Mei 2011 memiliki model berdiri / potrait dimana nomor ID berada dibawah.

Emas batangan Antam model lama. Gambar emas batangan Antam model lama

Emas batangan Antam model baru. Gambar emas batangan Antam model baru

2. Security Mark

Selain bentuknya, pada fisik emas Logam Mulia Antam model baru juga terdapat security mark bertuliskan huruf L dan M yang berada di sisi belakang emas batangan Logam Mulia Antam untuk menjamin keaslian dan keamanan emas batangan yang dikeluarkan UBPP Logam Mulia Antam. Cara melihat security mark ini sama seperti melihat stiker hologram. Security mark ada pada bentuk segi lima yang tidak terdapat logo LM pada bagian belakang emas Logam Mulia Antam.

3. Harga Jual Kembali / Buy Back

Jika kita menjual emas model lama atau model baru langsung ke Antam, maka oleh Antam akan dihargai sama sepanjang kadar emas tidak berubah dan 99.99 persen emas murni. Namun jika kita jual ke toko emas, biasanya harganya lebih murah Rp. 5.000 - 10.000 dari harga toko tersebut membeli emas. Namun meskipun dihargai lebih murah, biasanya harga beli toko emas lebih tinggi dibanding harga beli Antam berdasarkan pengamatan kami sepanjang tahun 2012.

Misal, jika kita menjual emas ke toko emas dan dihargai Rp. 540.000 per gram, maka biasanya harga emas model lama dihargai Rp. 530.000 - Rp 535.000 per gram. Walaupun dihargai Rp. 530.000 - Rp. 535.000 per gram, harga tersebut lebih tinggi dibanding jika emas kita jual langsung ke Logam Mulia dimana bisa dihargai pada angka Rp. 515.000 - 520.000 tergantung harga jual pada saat itu.

Tulisan ini dipublikasikan di lantakanemas.com dengan judul Perbedaan Emas Antam Model Lama dan Model Baru.