Istilah-Istilah Dalam Bisnis Jual Beli, Gadai, dan Investasi Emas

Gambar emas dan token bitcoin

Berikut adalah beberapa istilah mengenai bisnis jual beli emas, gadai emas, dan investasi emas. Ditulis berdasarkan abjad.

Antam

Kependekan dari PT. Aneka Tambang. Perusahaan yang bergerak dalam bidang pertambangan.

Biaya Sertifikat

Beberapa toko emas memisahkan antara harga emas dan sertifikat. Tujuannya utamanya adalah agar penghitungan per gramnya sama antara pecahan 1 gram, 2 gram, 5 gram, 10 gram hingga 250 gram. Selain itu tanpa menyertakan biaya sertifikat harga emas bisa tampak lebih murah.

Biasanya dilakukan jual beli emas online secara virtual dimana jual beli hanya menggunakan angka seperti halnya dalam bank. Biaya sertifikat adalah istilah yang digunakan sebagai biaya tambahan yang dikenakan untuk mencetak / mengambil fisik emas. Harga emas dari kami lantakanemas.com dan dari Antam sendiri sudah termasuk sertifikat sehingga tidak dikenakan biaya tambahan.

Biaya Penitipan / Biaya Pemeliharaan

Biaya yang dibayarkan untuk emas yang digadaikan di Bank Syariah atau Pegadaian Syariah. Biasanya per 10 atau 15 hari dan harganya tergantung dari jumlah pinjaman dan emas yang digadaikan.

Biaya Administrasi

Biaya yang dikenakan sebagai biaya administrasi ketika melakukan gadai emas atau perpanjang gadai emas.

Harga Buy back

Harga Buy Back Ini serting juga sebagai harga beli kembali. Harga yang digunakan ketika emas dijual ke Toko Emas atau Antam.

Form

Bentuk dan ukuran emas batangan yang tertulis di Sertifikat.

Dinar

Dinar adalah koin emas seberat 22 karat dengan berat 4.25 gram.

Dirham

Dirham adalah koin perak murni dengan berat 2.975 gram.

Emas lantakan

Emas lantakan merupakan nama lain dari emas batangan.

Fineness

Istilah untuk mengacu kepada kemurnian emas. Emas batangan 24 karat produksi Antam memiliki kemurnian 999.9.

Harga Beli

Harga yang digunakan toko emas atau Antam untuk membeli emas yang dijual oleh pelanggan.

Harga Jual

Harga jual toko emas atau Antam.

ID Number

Nomor seri emas. Untuk emas batangan produksi Antam, biasanya tercantum pada sertifikat Antam dan pada emas batangan itu sendiri pada ukuran 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, dan 250 gram.

KAN

Kependekan dari Komite Akreditasi Nasional. KAN adalah lembaga non struktural yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. KAN dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 2001.

Tugas pokok dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) adalah menetapkan akreditasi dan memberikan pertimbangan serta saran kepada Badan Standardisasi Nasional (BSN) dalam menetapkan sistem akreditasi dan sertifikasi. Informasi lebih lanjut: www.kan.or.id.

Kitco

Perusahaan yang selain berbisnis emas, juga tempat yang sering digunakan untuk mencari informasi mengenai logam mulia. Informasi lebih lanjut: kitco.com.

LBMA

Kependekan dari London Bullion Market Association. Asosiasi perdagangan emas dan perak yang berbasis di London. Informasi lebih lanjut: www.lbma.org.uk.

LM

Kependekan dari Logam Mulia.

Logam Mulia

Nama lain emas. Selain itu Logam Mulia juga adalah salah satu Unit Bisnis dari PT ANTAM (Persero) Tbk. Logam Mulia adalah satu-satunya tempat pemurnian emas dan perak di Indonesia.

London Gold Fix

Digunakan sebagai patokan jual beli emas yang muncul dua kali sehari. Hal ini dikenakan harga emas berubah setiap saat sehingga dibutuhkan harga tetap untuk jual beli.

Ounce (oz)

Satuan yang digunakan perdagangan emas dan perak internasional. Berdasarkan Wikipedia, 1 ounce = 28.3495 gram.

Pool Account

Istilah yang digunakan dalam pembelian emas oleh pelanggan, namun emas tersebut disimpan di tempat dealer atau toko yang menyediakan pool account. Pelanggan tidak memegang fisik emas, mirip dengan Bank.

Sertifikat Antam

Sertifikat yang menjelaskan emas batangan atau emas lantakan produksi PT. Aneka Tambang (Antam) UBPP Logam Mulia.

Troy ounce (toz)

Selain ounce, troy ounce juga digunakan untuk satuan dalam perdagangan emas dan perak. 1 troy ounce = 31.1034768 gram.

Tulisan ini dipublikasikan di lantakanemas.com dengan judul Istilah-Istilah Dalam Bisnis Jual Beli, Gadai, dan Investasi Emas.