Cara Beli Emas Batangan Logam Mulia LM di Antam

Logo Aneka Tambang - Antam

Update 2020-08-23: Cara pembelian dibawah ini merupakan cara beli emas langsung di Antam sekitar tahun 2011 - 2013, untuk cara pembelian saat ini ada kemungkinan berubah.

Update: Per 09 Oktober 2013, Antam telah membuka gerai resmi di Gedung Antam, Lantai Dasar, Jl. TB Simatupang no. 1, Tanjung Barat, Jakarta Selatan. Namun, harga pada gerai resmi tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan pembelian langsung di pabrik Logam Mulia yang terletak di Pulogadung.

Sebelum 09 Oktober 2013, PT. Antam dengan alamat di Jln. TB Simatupang tidak melayani pembelian emas batangan Logam Mulia LM, namun saat ini telah resmi membuka cabang di Gedung Antam di daerah Simatupang tersebut.

Pembelian emas batangan antam langsung di Antam bisa dilakukan pada pabriknya langsung yaitu di Unit pengolahan Logam Mulia Antam yang terletak di Pulogadung yang terletak tepat sebelum Kawasan Industri Pulogadung (JIEP).

Cara Menuju PT. ANTAM Tbk, Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia Pulogadung

Untuk membeli emas batangan logam mulia langsung di Antam, maka harus langsung menuju Pulogadung. Berikut ini adalah beberapa cara menuju Antam Pulogadung.

Berhentilah di halte Tugas. Dari arah rawamangun, posisi Antam tepat disebelah kiri halte tepat sebelum Kawasan Industri Pulogadung (JIEP)

Setelah melewati halte Busway Tugas, ada lampu merah, belok kiri. Tidak jauh dari situ akan ada pintu masuk ke PT. ANTAM Tbk, Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia.

Prosedur atau Cara Beli Emas Batangan Di Antam

1. Pencatatan dan pemberian nomor antrian

Langkah pertama cara beli emas batangan di Antam berhenti di gerbang gedung Logam Mulia. Kita diharuskan menyerahkan KTP. Lalu setelah pencatatan selesai, kita mengambil nomor antrian untuk melakukan beli emas di Antam. Nomor antrian diambil dengan cara memilih menu retail pada monitor layar sentuh yang berada pada tengah - tengah ruangan.

2. Antri dan tunggu nomor antrian dipanggil

Setelah nomor antrian disebutkan, maka selanjutnya adalah menuju loket nomor 2 dan melakukan transaksi untuk beli emas logam mulia. Saat bertransaksi, teller akan menanyakan apakah sebelumnya pernah membeli langsung di Antam. Jika belum petugas akan memasukkan data di komputer. Jika sudah, maka langsung saja bertransaksi, ukuran berapa gram yang akan dibeli.

3. Pembayaran

Jika di loket dua pembayaran logam mulia emas menggunakan debet, maka selanjutnya pembeli menuju bagian kasir di loket 5. Namun jika pembayaran logam mulia tunai, maka diharuskan melakukan pembayaran di Mobil Bank Pertama yang berada di depan lobi. Setelah pembayaran tunai selesai, kembali ke loket dua untuk di validasi dan tahap selanjutnya silakan baca poin 5 dibawah ini.

  • Tunai Maksimal Rp. 50.000.000 (lima puluh juta rupiah).
  • Debit Kartu Mandiri Gold maksimum Rp 10.000.000 dan Kartu Mandiri Silver. maksimum Rp 5.000.000.
  • Debit Kartu BCA Platinum maksimum Rp 75.000.000 dan Kartu BCA Gold maksimum Rp 25.000.000 dan Kartu BCA Silver maksimum Rp 15.000.000.
  • Debit Virtual Account Bank Permata Kartu Permata maksimum Rp 100.000.000
  • Transfer silakan kontak (021)29980900 terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi nomor rekening dan prosedur. Nanti pada saat pengambilan barang bukti transfer asli dan fotokopi identitas diri perlu dibawa. Pengambil harus sesuai dengan nama faktur. Apabila diambil bukan yang bersangkutan maka harus membawakan surat kuasa bermaterai 6.000 dengan tanda tangan, identitas diri pemberi dan penerima kuasa.

4. Validasi kasir

Setelah pembayaran divalidasi oleh kasir di loket 5 selanjutnya adalah menunggu panggilan. Setelah dipanggil dan selesai maka selanjutnya menuju loket 6.

5. Penyerahan bukti pembayaran

Setelah selesai melakukan pembayaran customer menuju loket 6 untuk menyerahkan faktur bukti pembayaran yang telah divalidasi dan mengambil nomor antrian. Sebagai informasi, saat emas batangan logam mulia dijual, faktur atau kuitansi tidak diperlukan, yang diperhatikan hanyalah emas fisik serta sertifikatnya. Sehingga apabila suatu saat nota atau faktur hilang tidak perlu dikhawatirkan.

6. Pengambilan Barang

Saat dipanggil, maka selanjutnya adalah tanda tangan sebagai tanda bukti pengambilan emas dan kemudian mengambil emas batangan logam mulia Antam yang telah dibeli di loket 7. Sebelumnya meninggalkan tempat, cek kembali emas yang telah dibeli dan sertifikat Antam yang tertera. Karena bisa jadi terjadi kesalahan, misal beli 10gram emas Antam tetapi sertifikat Antam yang tertera 5 gram.

7. Selesai.

Nomor antrian saat diberikan di gerbang Logam Mulia dikembalikan kembali saat kita pulang dan KTP dapat diambil kembali.

Total waktu transaksi biasanya sekitar 10 - 40 menit, kadangkala bahkan bisa lebih dari 1 jam, tergantung tingkat keramaian. Perlu diperhatikan pula berapa waktu perjalanan dan ongkos transportasi menuju Pulogadung. Jika semua ditotal, maka biaya yang dikeluarkan sesungguhnya lebih besar dari harga emas yang dibeli.

Tulisan ini dipublikasikan di lantakanemas.com dengan judul Cara Beli Emas Batangan Logam Mulia LM di Antam.