Kenapa Cina Membeli Banyak Emas?

Pada bulan Februari 2012, Hongkong Census and Statistics Department melaporkan bahwa Cina mengimpor 102.779 kilogram emas dimana permintaan ini naik 86.299 kilogram dibanding dari bulan November. Berdasarkan Forbes, tahun 2010 Cina membeli 245 ton dan tahun 2011 naik dua kali lipat menjadi 490 ton dimana permintaan ini datang dari individu bukan institusi.

Permintaan individu atas emas biasanya musiman yaitu pada saat Imlek sebagai hadiah Imlek. Selain itu biasanya mereka menggunakan emas untuk lindung nilai / hedge terhadap inflasi, harga properti serta pasar saham yang sedang turun.

Berdasarkan artikel yang menjelaskan mengenai milyarder di Cina, emas merupakan pilihan keempat setelah real estate, saham, dan fixed income seperti pada grafik dibawah ini.

Investasi milyarder di Cina

Dapat disimpulkan bahwa warga negara Cina telah sadar pentingnya emas terutama sebagai lindung nilai terhadap mata uang yang nilainya terus menyusut. Bahkan konon katanya Cina mewajibkan setiap warga negaranya untuk menabung 2 gram emas per bulan.

Tulisan ini dipublikasikan di lantakanemas.com dengan judul Kenapa Cina Membeli Banyak Emas?.